Reformasi Birokrasi Indonesia Jauh di Bawah Vietnam

Reformasi Birokrasi Indonesia Jauh di Bawah Vietnam
Reformasi Birokrasi Indonesia Jauh di Bawah Vietnam
JAKARTA - Indonesia tercatat berhasil memperbaiki kedudukan dalam peringkat reformasi birokrasi. Sesuai data yang diekspos Doing Business (DB) 2010, Indonesia (diwakili Jakarta) disebutkan sebagai pelaku reformasi kebijakan paling aktif di Asia untuk periode 2008/2009.

"Reformasi yang dilakukan pemerintah di bidang usaha berhasil memperbaiki kedudukan Indonesia, sehingga naik tujuh peringkat menjadi peringkat 122 se-Asia," ungkap Mierta Capaul, Product Leader Financial and Private Sector Development The World Bank Group di Hotel Mulia, Selasa (15/12).

Lantas, negara mana yang masuk 30 besar dalam hal reformasi birokrasi tersebut? Menurut Mierta, untuk negara-negara Asia Tenggara, Singapura meraih peringkat 1, sementara Thailand peringkat 2 dan Malaysia peringkat ke-23. Cina dan Vietnam juga masih jauh berada di atas Indonesia, di mana Cina di peringkat 89 dan Vietnam peringkat 93.

Bagaimana dengan India dan Filipina? DB melansir bahwa kedua negara tersebut berturut-turut berada di urutan ke-133 serta ke-144. (esy/cha/jpnn)

JAKARTA - Indonesia tercatat berhasil memperbaiki kedudukan dalam peringkat reformasi birokrasi. Sesuai data yang diekspos Doing Business (DB) 2010,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News