Rekam Jantung

Oleh Dahlan Iskan

Rekam Jantung
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - KATA 'predator' akan jadi kosakata baru di dunia politik Amerika. "Ke depan kita akan sering mendengar kata 'predator' diucapkan di Amerika," kata John Mohn dalam WA-nya kepada saya.

John sering saya tanya untuk melihat apa yang terjadi di akar rumput di Amerika. Ia orang biasa. Kulit putih. Mengidentifikasikan diri sebagai orang Partai Republik.

Namun ia sering memilih calon dari Demokrat. Tinggalnya juga di kota kecil di pedalaman yang paling tengah di Amerika: Kansas. Istrinya juga kulit putih dan tetangganya semua kulit putih.

Baca Juga:

John pengagum Barack Obama. Ia tidak melihat Obama itu sebagai kulit hitam. "Obama itu kulit putih," katanya.

Ia tahu ayah Obama orang Kenya, kulit hitam. Namun ia melihat cara berpikir dan cara bicara Obama adalah kulit putih. Seperti ibunya.

Ia sering mengejek Donald Trump. Beberapa kali ia mengirimi saya meme lucu. Yang isinya 'jangan pilih Trump'.

Baca Juga:

Di Pilpres yang lalu ia memilih Hillary Clinton. John tidak perlu ditanya memilih siapa di Pilpres 3 November depan. Termasuk biarpun Capres Joe Biden menggandeng orang kulit hitam sekaligus keturunan Asia menjadi Cawapresnya: Kamala Devi Harris.

Tentu saya menanti-nantikan pidato Cawapres keturunan Madras, India itu. Yakni saat dia menyatakan menerima pencalonannyi sebagai Wapres.

Kalau ada pasien datang, biarpun sakitnya ringan, saya tawari mereka CT scan, MRI, rekam jantung, foto toraks, dan periksa darah lengkap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News