Rekening Gotong Royong ala PDIP bisa jadi Contoh Semua Partai

Rekening Gotong Royong ala PDIP bisa jadi Contoh Semua Partai
Ilustrasi. Foto; dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan PDI Perjuangan membuka rekening partai serta komitmen mengumpulkan dana dari publik secara akuntabel, dinilai sejalan dengan janji Presiden Joko Widodo di Nawa Cita untuk mendorong reformasi parpol di Indonesia.

Momen pembukaan rekening ala PDI Perjuangan itu, dinilai pantas diikuti dengan gerakan simultan pemerintah dan parlemen merevisi UU Partai Politik demi memastikan model PDI Perjuangan menjadi sistem yang dijalankan semua parpol.

"Ini momentum yang sesuai Nawa Cita Presiden Jokowi, yang menjanjikan reformasi parpol. Ketika misalnya PDI Perjuangan sebagai partai pemenang, menguasai eksekutif dan memiliki kursi terbanyak legislatif, maka harus ambil momentum perubahan kebijakan melalui revisi UU Parpol," kata peneliti dari Perludem, Titi Anggraini, di Jakarta, Rabu (21/10).

Menurut Titi, penguatan institusi partai melalui transparansi keuangan anggota dan partai bisa menjadi bangunan sistem. "Sehingga dia bisa jadi bagian dari sistem kepartaian, bagian dari institusionalisasi semua partai. PDI Perjuangan harus mendorong revisi UU parpol, sehingga ada pengaturan parpol yang lebih baik," ujar Titi.

Titi melanjutkan, langkah PDI Perjuangan membuka rekening partai itu adalah sebagian dari upaya menggalang dana publik secara terbuka dan akuntabel. Langkah itu sangat baik karena memastikan partai didanai donasi dari kader, anggota, pekerja partai, dan publik.

Menurut dia, yang sulit dan berat dari upaya pengumpulan dana publik adalah menjaga keberlanjutan kepercayaan publik sehingga mau menyumbang. 

"Itu yang menjadi tantangan PDI Perjuangan yang harus dijaga. Semangat positif ini harus diikuti pengelolaan yang bisa menjaga animo publik untuk menyumbang. Artinya, ikatannya bukan transaksional, menyumbang tapi ada transaksi kebijakan. Program ini harus dibangun dengan hubungan kuat rakyat dengan kader partai. Kinerja kader harus baik dan memperjuangkan aspirasi rakyatnya dengan benar," tuturnya.

Kepercayaan publik akan semakin menguat jika PDI Perjuangan mampu membuktikan bahwa donasi publik akan bermanfaat bagi rakyat, dan berakibat positif bagi mereka. Selain itu, dalam rangka menjaga kepercayaan publik, transparansi dan akuntabilitas harus terbukti dengan laporan keuangan jelas. 

JAKARTA - Keputusan PDI Perjuangan membuka rekening partai serta komitmen mengumpulkan dana dari publik secara akuntabel, dinilai sejalan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News