JPNN.com

Relief Borobudur Diwujudkan jadi Tarian, Ganjar: Supaya Wisatawan tidak Bosan

Kamis, 08 April 2021 – 22:59 WIB
Relief Borobudur Diwujudkan jadi Tarian, Ganjar: Supaya Wisatawan tidak Bosan - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo saat menyaksikan tarian di kawasan Borobudur. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bukan hanya bersama Trie Utami, Dewa Budjana, dan Purwatjaraka mewujudkan seni musik yang tertera dalam relief Borobudur.

Kini ada seni tari yang terinspirasi dari cerita di candi bersejarah tersebut. Relief-relief yang terukir di dinding Candi Borobudur itu sebentar lagi menjadi suguhan sendratari yang menarik.

Balai Konservasi Candi Borobudur telah menggandeng sanggar-sanggar tari di Magelang untuk mewujudkannya. Hal itupun membuat Gubernur Ganjar gembira.

“Ini nanti pasti akan menjadi pertunjukan yang sangat menarik. Setelah tadi saya membahas seni musik. Sekarang ada seni tari. Ini luar biasa," jelas Ganjar pada Kamis (8/4).

Dia memang mendorong pembangunan kawasan Borobudur agar tak hanya fokus pada bangunan fisik, tetapi juga kesenian, budaya, arsitektur, lingkungan, dan lainnya juga harus dikembangkan.

"Sehingga wisatawan yang datang tidak akan bosan. Dia akan benar-benar mendapatkan soul dari Borobudur," tuturnya.

Sementara itu Seksi Dokumentasi dan Publikasi Balai Konservasi Borobudur, Isni Wahyuningsih mengatakan beberapa cerita dalam relief telah dipelajari dan dibuat koreografinya.

Diketahui, terdapat lebih dari 1.200 relief di Candi Borobudur yang memiliki cerita menarik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...