Rencana Aksi 1805, Ratusan Dosen Mengaku Diintimidasi Rektor

Rencana Aksi 1805, Ratusan Dosen Mengaku Diintimidasi Rektor
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rencana aksi 1805 yang akan dilakukan sekira 1.000 dosen dari ‎PTNB (Perguruan Tinggi Negeri Baru) sudah mendapat banyak penolakan dari pihak rektorat.

Bahkan ratusan dosen mengaku mendapat intimidasi dari rektor yang menghalang-halangi para dosen melakukan aksi demo.

"Kawan-kawan kami di daerah banyak dihalangani rektornya. Ada yang takut, banyak juga yang melawan," kata Ketua ‎Ikatan Lintas Pegawai (ILP) PTNB Fadillah Sabri ST, M.Eng yang dihubungi, Selasa (16/5).

Dia menyayangkan sikap para rektor yang melarang dosen-dosennya menyampaikan aspirasinya kepada Presiden Jokowi.

Pasalnya, aspirasi ini adalah aksi yang tertunda, setelah September 2015 oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dijanjikan akan menyelesaikan masalah 35 PTNB.

"Sebenarnya kami malu ‎mau demo, karena kami ini dosen. Namun, pemerintah telah ingkar terpaksa kami menuntut hak kami. Kami ini statusnya tidak jelas, dosen swasta nggak, dosen PNS apalagi," keluhnya.

Meski banyak yang diintimidasi, Sabri yang juga wakil rektor Universitas Bangka Belitung ini optimistis, target 1.000 dosen bisa tercapai. Sebab, para dosen sudah gerah dengan nasib yang tidak jelas.

Rencananya 1000 dosen ini berasal dari‎‎ ‎Universitas "Veteran" Jakarta, UPN "Veteran" Yogyakarta, UPN "Veteran" Jawa Timur, Universitas Tidar, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Bangka Belitung.

Rencana aksi 1805 yang akan dilakukan sekira 1.000 dosen dari ‎PTNB (Perguruan Tinggi Negeri Baru) sudah mendapat banyak penolakan dari pihak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News