Rencana Akuisisi Newmont Jadi Momentum Tepat

Rencana Akuisisi Newmont Jadi Momentum Tepat
Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi (kiri). FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Rencana pengambilalihan saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) oleh perusahaan nasional PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menjadi momentum tepat Indonesia menjadi bangsa yang besar.

Menurut anggota Komisi VII DPR daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat Kurtubi, akuisisi saham Newmont oleh perusahaan nasional juga sejalan dengan kebijakan divestasi perusahaan pertambangan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, pemerintah Presiden Jokowi mengharapkan ada transfer penguasaan sumber daya alam dari asing ke dalam negeri.

“Siapapun yang membeli saham mayoritas yang dimiliki investor asing, bebas-bebas saja karena ini urusan korporasi semata asal mendapat persetujuan dari pemerintah Indonesia,” katanya kepada wartawan, Jumat (1/4), di Jakarta.

Kurtubi berharap pemilik baru nantinya akan dapat menambah dampak positif bagi Indonesia, khususnya masyarakat Pulau Sumbawa sebagai lokasi pertambangan Newmont.

Kurtubi mengusulkan agar Newmont membangun smelter di Pulau Sumbawa sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian NTB karena akan menyerap banyak tenaga kerja.

“Medco juga diharapkan dapat menjual pasokan listrik ke PLN sehingga mengatasi pemadaman listrik di Pulau Sumbawa,” katanya.

Kurtubi menilai divestasi saham pertambangan dari investor asing kepada investor nasional akan dapat meningkatkan ketahanan energi nasional.

JAKARTA – Rencana pengambilalihan saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) oleh perusahaan nasional PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News