Rencanakan Demo, 70 Aktivis Malaysia Ditangkap

Rencanakan Demo, 70 Aktivis Malaysia Ditangkap
Rencanakan Demo, 70 Aktivis Malaysia Ditangkap
KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia kembali bertindak cepat dalam memberangus kelompok oposisi. Mengantisipasi rencana demonstrasi besar-besaran oposisi pada 9 Juli nanti, polisi mengamankan sedikitnya 70 aktivis dalam dua hari terakhir. Mereka diduga ikut merencanakan aksi menuntut reformasi atas sistem pemilu.

Yang ditangkap itu adalah anggota partai oposisi, Partai Sosialis Malaysia (SPM). Polisi juga membubarkan sebuah rapat (pertemuan) koordinasi untuk menggelar demonstrasi tersebut. Sebelumnya, para pejabat pemerintahan dan polisi telah mengingatkan warga Malaysia agar tidak mendukung gerakan yang diinisiasi oleh para aktivis dan partai oposisi di Kuala Lumpur. Aparat menganggap aksi tersebut ilegal karena belum mendapat izin dari polisi.

Polisi menghentikan dua bus di utara dan selatan Malaysia pada Sabtu lalu (25/8) saat hendak menuju lokasi kampanye SPM. Menurut Koordinator Media SPM Y. Kohila, kampanye itu sengaja mengajak masyarakat untuk menyudahi kekuasaan Barisan Nasional yang telah berjalan selama lima dekade.

Mayoritas yang ditangkap akhirnya dibebaskan setelah menjalani interogasi intensif. Tapi, 31 orang masih ditahan di kantor polisi Negara Bagian Penang. Enam juga ditahan di Johor karena menyebarkan selebaran pemberitahuan aksi pada 9 Juli nanti.

KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia kembali bertindak cepat dalam memberangus kelompok oposisi. Mengantisipasi rencana demonstrasi besar-besaran oposisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News