Repdem Ungkap Peran Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri

Repdem Ungkap Peran Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum Repdem Wanto Sugito alias Bung Klutuk. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) menyebut nama Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri, sebagai tokoh yang berperan penting terhadap pengembangan organisasi sayap PDI Perjuangan yang banyak diisi para aktivis 1998 itu. 

Ulasan memori sejarah pembentukan Repdem itu diungkap saat momen peringatan HUT ke-17 Repdem yang digelar di Gedung Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/12). 

Ketua Umum Repdem Wanto Sugito menyebut bahwa kelahiran Repdem tidak serta-merta langsung ‘diakui’. 

Menurut Bung Klutuk, panggilan akrab Wanto Sugito, Repdem yang dicetuskan oleh Beathor Suryadi, Budiman Sudjatmiko, dan Adian Napitulu yang merupakan aktivis yang kerap berhadapan dengan penguasa masa itu, baru dikukuhkan sebagai organisasi underbow partai beberapa tahun kemudian. 

“Hadir di sini Bung Beathor Suryadi sebagai pelaku sejarah, tepatnya 17 tahun yang lalu, kemudian ada Budiman Sudjatmiko dan rekan-rekan lain menyatakan diri bergabung ke dalam PDIP, dan membangun Relawan Perjuangan Demokrasi. Tentu (saat itu) tetap dibutuhkan kesabaran revolusioner, tidak ada yang langsung instan,” kata Wanto. 

Aktivis gerakan pro demokrasi 1998 itu menambahkan bahwa empat tahun setelah pembentukan, Repdem dikukuhkan sebagai organisasi sayap partai oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

“Pesan Ibu Megawati jelas agar Repdem fokus membahas basis-basis sektoral, kader pekerja, baik buruh, petani, nelayan, kaum miskin kota, mahasiswa, UMKM yang disebut Bung Karno sebagai kaum marhaen,” ujarnya. 

Hadir sebagai pembicara utama, yakni Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan didampingi sejumlah Ketua DPP PDIP, antara lain, Eriko Sotarduga, Hamka Haq. Hadir juga Ketua Umum Banteng Muda Indonesia (BMI) Mochamad Herviano Widyatama dan Sekjen Taruna Merah Putih Restu Hapsari. 

Repdem mengungkap peran penting Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri bagi organisasi sayap PDI Perjuangan itu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News