Replika Monorel Sudah 'Diparkir' Monas

Dilengkapi Kursi Roda untuk Penyandang Cacat

Replika Monorel Sudah 'Diparkir' Monas
Kawasan Monas di Jakarta Pusat. Foto: Natalia Laurens/JPNN
Kereta contoh untuk moda transportasi monorel siap dipamerkan di hadapan warga ibu kota. Replika kereta monorel yang dibuat di China itu sudah "diparkir" di kawasan Monumen Nasional (Monas). Kereta contoh ini dipersembahkan oleh PT Jakarta Monorail (JM), perusahaan kontraktor yang akan menangani pembangunan proyek monorel.

Direktur PT JM, Bovanantoo mengatakan bahwa kereta tiba di Jakarta beberapa hari lalu. "Sejak awal Juni, kereta contoh monerel sudah tiba di Jakarta, sekarang masih dalam penyelesaian agar memudahkan warga Jakarta menikmati kereta contoh ini," kata Bovanantoo di Jakarta, Minggu (9/6).

Bovanantoo menjelaskan, kapasitas per gerbong kereta mencapai 200 penumpang duduk dan berdiri. Gerbong monorel juga akan dilengkapi baris untuk penumpang dengan kursi roda (handicap) untuk para penyandang cacat.

Kereta contoh monorel ini bisa disaksikan warga pada perayaan HUT Jakarta ke-486 pada tanggal 22 Juni mendatang.

Menurut Bonavantoo, kehadiran kereta contoh membuktikan bahwa PT JM sangat serius untuk melayani kebutuhan transportasi warga Jakarta. Keseriusan juga ditunjukkan dengan  dipenuhinya berbagai dokumen yang diperlukan oleh pemerintah Jakarta.

"Selain kami bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan dokumen-dokumen yang diperlukan oleh pemerintah, kami juga menghadirkan kereta contoh yang nantinya akan melayani warga Jakarta," ujarnya.

Ia menambahkan, investor PT JM yakni Ortus Holdings juga telah melunasi pembelian saham PT Adhi Karya Tbk di JM. Kedua perusahaan juga sudah mencapai kesepakatan untuk mekanisme dan tata cara pembayarannya. Namun, pembayaran masih menunggu status free and clear sebagaimana yang telah disepakati kedua belah pihak.

"Pembayaran sebesar Rp 190 milyar seperti yang sudah disepakati akan dilakukan setelah semua persyaratan yang tertuang dalam kesepakatan tertulis terpenuhi," pungkas Bonavantoo. (dil/jpnn)

Kereta contoh untuk moda transportasi monorel siap dipamerkan di hadapan warga ibu kota. Replika kereta monorel yang dibuat di China itu sudah 'diparkir' di kawasan Monas.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News