Rerie: Tunjukkan Empati, Jangan Sebar Hoaks yang Mengganggu Keluarga Korban SJ 182

Rerie: Tunjukkan Empati, Jangan Sebar Hoaks yang Mengganggu Keluarga Korban SJ 182
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta semua pihak mengedepankan sikap empat di saat terjadi musibah seperti insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak, di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1).

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menegaskan segera hentikan penyebaran hoaks yang mengganggu keluarga korban.

"Biasakanlah kita menebar empati bila terjadi satu musibah, jangan malah menebar hoaks yang pasti sarat kebohongan dan menyakitkan bagi keluarga korban," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/1).

Sosok yang karib disapa Mbak Rerie itu menegaskan di tengah proses pencarian dan evakuasi korban  jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182,  jangan lagi ada pihak-pihak yang menebar hoaks atau berita bohong terkait peristiwa itu.

Rerie mengingatkan bahwa di tengah terjadinya musibah, biasakanlah memperlihatkan  empati dengan berbagai cara.

Rerie menyebut antara lain bisa membantu keluarga korban dengan memberikan informasi yang benar terkait peristiwa yang terjadi atau memberikan bantuan dalam bentuk materi dan bentuk lainnya.

Menurutnya, empati atau memiliki perasaan dan respons emosi yang sama dengan orang lain adalah dasar bagi seseorang untuk melakukan aksi yang membawa manfaat tanpa pamrih.

Hal tersebut, jelas Rerie, merupakan sikap yang baik dan bisa dikembangkan untuk menumbuhkan karakter kepahlawanan dalam diri setiap anak bangsa.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menegaskan segera hentikan penyebaran hoaks yang mengganggu keluarga korban Sriwijaya Air SJ 182.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News