Resep Anies-Sandi akan Digunakan di Pilgub Jateng?

Resep Anies-Sandi akan Digunakan di Pilgub Jateng?
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama Gubernur DKI Anies Baswedan (berbatik) dan calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said di Jakarta, Rabu (13/12). Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaidi memprediksi resep kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 lalu, bakal digunakan Partai Gerindra, PKS dan PAN di Pilgub Jateng.

Ketiga partai diketahui berkoalisi mendukung mantan Menteri Energi dan Sumber Saya Mineral (ESDM) Sudirman Said, maju sebagai cagub Jateng.

Gerindra dan PKS merupakan partai politik pengusung Anies-Sandi di Pilgub DKI. Sementara Sudirman Said sebelumnya menjabat ketua tim sinkronisasi.

Sejumlah pihak menilai, kemenangan Anies-Sandi ketika itu disebabkan kuatnya isu bermuatan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) yang menyerang petahana Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya kira resep kemenangan di DKI Jakarta akan di copy paste Gerindra, PKS dan PAN," ujar Ari kepada JPNN, Jumat (5/1).

Menurut pengajar program S1 dan S2 di UI ini, spanduk-spanduk bernada provokatif kini juga sudah banyak bermunculan di Jawa Tengah. Isinya, menyerang PDIP dan calon non-muslim.

"Saya tidak tahu pasti apakah itu disengaja atau tidak. Tapi mengatasnamakan ormas dan LSM, menolak kehadiran calon non-muslim serta anti-PDIP," ucapnya.

Munculnya spanduk-spanduk tersebut, kata Ari kemudian, menunjukkan kampanye bermuatan SARA mulai menggejala di daerah-daerah yang akan menggelar pilkada. (gir/jpnn)


Kabarnya, spanduk-spanduk bernada provokatif sudah bermunculan jelang Pilgub Jateng. Salah satu isinya menyerang PDIP dan calon non-muslim.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News