Resep Bung Karno jadi 'Singa Podium' Dunia

Kamis, 24 Juni 2021 – 12:21 WIB
Resep Bung Karno jadi 'Singa Podium' Dunia - JPNN.com
Sejarawan dan Pemimpin Redaksi Majalah Historia Bonnie Triyana. Foto: BKNP PDI Perjuangan

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Soekarno (Bung Karno) dikenal sebagai orator yang hebat dengan gaya retorikanya nan amat khas.

Gaya pidato Bung Karno berapi-api seakan menyihir pendengarnya terpana mendengarkan sampai usai.

Audiens dibuat terpukau mendengarkan pidato Bung Karno walaupun panjangnya berjam-jam.

"Bung Karno dikenal sebagai seorang orator, julukannya ‘Singa Podium’. Jadi, kalau Bung Karno sudah berpidato, massa atau rakyat yang menyimak pidato Bung Karno seperti tersihir, terpikat oleh kharismanya sang pemimpin,” kata sejarawan dan Pemimpin Redaksi Majalah Historia Bonnie Triyana saat menjadi narasumber ‘Talkshow & Musik Bung Karno Series’ bertema ‘Gaya Retorika Pidato Bung Karno’ yang ditayangkan Badan kebudayaan Nasionla Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, Rabu (23/6).

Menurut Bonnie, salah satu yang membuat pidato Bung Karno menarik di samping kharismanya adalah isi materi yang selalu menyesuaikan dengan konteks.

“Bung Karno tidak melulu berpidato tentang masalah politik saja. Di atas podium, Bung Karno sering kali berbagi pikiran memberikan pandangan-pandangan kepada masyarakat. Hal ini beliau lakukan sejak masa perjuangan hingga era ketika Indonesia sudah berdaulat memproklamasikan kemerdekaannya,” ungkap penyunting buku berjudul ‘Revolusi Belum Selesai: Kumpulan Pidato Presiden Sukarno 30 September 1965 – Pelengkap Nawaksara’ itu.

Bonnie melanjutkan, selain materi pidato penuh dengan inspirasi, pengetahuan, dan tak melulu bertema politik, Bung Karno juga banyak memberikan sharing kepada rakyat Indonesia.

Mengapa wawasan ‘Sang Bung Besar’ bisa begitu luas dan mengisi substansi pidato-pidatonya nan memesona?

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...