Resmikan Bank Mikro Nelayan, Jokowi: Bunganya 3 Persen Saja

Resmikan Bank Mikro Nelayan, Jokowi: Bunganya 3 Persen Saja
Presiden Joko Widodo menyalami nelayan saat kunjungan kerja ke Indramayu, Jawa Batat, Rabu (6/6). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, INDRAMAYU - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik kehadiran Lembaga Keuangan Mikro Nelayan (LKM). Pasalnya, setiap kali bertemu nelayan, dia kerap menerima keluhan masalah permodalan.

Hal ini disampaikan presiden ketika meresmikan Pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Nelayan di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Rabu (6/6).

Lembaga Keuangan Mikro ini, kata Jokowi, memberikan ruang kepada nelayan ketika membutuhkan modal ada tempatnya. "Mungkin lebih pas diberikan nama Bank Mikro Nelayan,” ucapnya.

Selain itu, Kepala Negara juga mengusulkan agar bunga pinjaman yang diberikan dapat diturunkan dari 7 persen menjadi 3 persen per tahun.

Alasannya, pembiayaan mikro bagi nelayan dikelola oleh Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) yang merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“BLU tidak mencari keuntungan, yang penting dananya mutar di nelayan,” tegas Jokowi. Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara ini, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Presiden juga berpesan agar para nelayan cermat jika ingin meminjam uang dan penggunaannya harus untuk hal yang produktif seperti pengembangan usaha.

Di Karangsong, Indramayu, merupakan pertama kalinya penyaluran dana BLU LPMUKP melalui LKM yakni Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jasa Hasil Windu dan Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik kehadiran Lembaga Keuangan Mikro Nelayan (LKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News