Responden Tak Tahu Kang Emil akan Didukung Parpol yang Pernah Mengusung Ahok

Responden Tak Tahu Kang Emil akan Didukung Parpol yang Pernah Mengusung Ahok
Ridwan Kamil. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar lebih tinggi dibanding empat kandidat lain. Mencapai 37,4 persen. Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar hanya 19,2 persen, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi 14,3 persen, penceramah Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym 11,1 persen) dan anggota DPR Dede Yusuf 10,3 persen.

"Namun dari hasil survei kami menyimpulkan, mayoritas responden tidak pernah mendengar isu bahwa Ridwan akan didukung partai-partai yang sebelumnya mengusung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilgub DKI Jakarta," ujar Direktur Riset Saiful Mujani Research and consulting (SMRC) Deni Iryani, saat merilis hasil survei 'Peluang Calon-Calon Gubernur Dalam Pilkada Jawa Barat' di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (13/7).

Menurut Deni, hanya 23 persen responden yang menyatakan pernah mendengar informasi tersebut. Dari jumlah yang pernah mendengar rumor itu, 23 persen di antaranya setuju Kang Emil (panggilan Ridwan Kamil) didukung partai yang sebelumnya mengusung Ahok.

"Sementara 50 persen lainnya menyatakan netral, 26 persen menyatakan tidak setuju dan dua persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab," ucap Deni.

Survei SMRC melibatkan 820 responden warga Jawa Barat yang punya hak pilih. Dilakukan pada 17-21 Juni dengan metode multistage random sampling. Margin of error lebih kurang 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (gir/jpnn)


Elektabilitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar lebih tinggi dibanding empat kandidat lain. Mencapai 37,4 persen. Sementara Wakil Gubernur


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News