JPNN.com

Respons Sultan Soal Gerakan Mencintai Produk Dalam Negeri

Jumat, 05 Maret 2021 – 23:10 WIB
Respons Sultan Soal Gerakan Mencintai Produk Dalam Negeri - JPNN.com
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin (tengah mengenakan jas) berbincang-bincang dengan Presiden Jokowi. Foto: Dokumen pribadi Sultan for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menyambut baik ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat agar mulai beralih mencintai produk dalam negeri.

Sultan menilai langkah tersebut akan berdampak pada peningkatan penjualan dari produsen lokal.

Menurut Sultan, gerakan cinta terhadap produk lokal akan menempatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tempat yang strategis.

Menurut senator muda asal Bengkulu ini, masyarakat bisa menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk dalam negeri.

"Indonesia memiliki 270 juta jiwa penduduk. Jika semuanya mencintai produk lokal maka akan membuat produsen-produsen dalam negeri makin bergairah. Kualitas produk dalam negeri pun juga mendunia,” ujar Sultan B Najamudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/3/2021).

Mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini juga mendukung strategi Kementerian Perdagangan. Sebagai contoh, mal harus menempatkan merek atau brand lokal di depan atau dekat pintu masuk.

Untuk itu, sambung pria yang akrab disapa SBN ini, pemerintah harus bisa menyiapkan aturan yang bisa mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal lebih mengerti segi permintaan pasar agar mampu bersaing dengan merek asing.

"Dengan menghadirkan produk lokal dibagian depan mal-mal, ini merupakan strategi dagang yang cerdas. Mata para produsen langsung tertuju terhadap produk lokal,” beber Sultan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...