Minggu, 18 November 2018 – 10:42 WIB

Restu Hapsari Siap Bertarung di Dapil Neraka

Rabu, 03 Oktober 2018 – 18:45 WIB
Restu Hapsari Siap Bertarung di Dapil Neraka - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - MM Restu Hapsari atau yang lebih akrab disapa Restu adalah perempuan kelahiran Klaten, 2 Mei 1973. Restu dibesarkan dalam sebuah keluarga guru. Ayah dan ibunya adalah guru sekolah dasar negeri di Jawa Tengah.

Sejak mengenyam pendidikan dasar, orang tuanya selalu mendorong Restu untuk aktif berorganisasi. Di sekolah menengah pertama hingga menengah atas, Restu selalu masuk dalam kepengurusan organisasi OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan juga dikenal sebagai murid yang berprestasi.

Setelah menamatkan SMA, Restu melanjutkan pendidikan di Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo, Jawa Tengah. Selama menjadi mahasiswa, Restu aktif berorganisasi baik di internal kampus maupun eksternal kampus.

Dalam organisasi internal kampus, Restu bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) hingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Ia juga aktif di beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa. Sedangkan di eksternal kampus, Restu bergabung dan aktif dalam organisasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Surakarta hingga menjabat sebagai Ketua Presidium Periode 1997-1998. Saat itu, suasana politik menuju reformasi berlangsung. Keterlibatannya dalam dunia organisasi, membuat Restu sudah dikenal sebagai sosok aktivis muda sejak mahasiswa.

Komitmen dan passionnya terhadap organisasi terus menuntunnya pada relasi pergaulan yang semakin luas baik dengan berbagai pihak. Restu mengukir sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI periode 2002-2004. Kiprah selanjutnya, tidak hanya dalam berorganisasi saja, selanjutnya Restu memilih untuk terjun ke dunia politik dan bergabung dengan PDI Perjuangan.

Restu mengawali karir politiknya di PDI Perjuangan di Departemen Pemuda dan Olahraga DPP PDI Perjuangan pada periode 2015-2010 di bawah bimbingan Maruarar Sirait, tokoh muda PDI Perjuangan. Berkat ketekunan dan berbagai prestasinya, Restu dipercaya memegang jabatan-jabatan penting di struktural dan sayap Partai PDI Perjuangan yakni sebagai Wakil Sekretaris BP Pemilu Pusat PDI Perjuangan 2016-2018.

Restu juga menjabat sebagai Sekretaris Balitbang Pusat PDI Perjuangan 2018-2020, Tim Kampanye Nasional Jokowi & Jusuf Kalla tahun 2014, dan sekarang juga di Tim Kampanye Nasional Jokowi & Ma'ruf Amin, serta juga sebagai Sekretaris Jenderal DPP Taruna Merah Putih sayap partai PDI Perjuangan periode 2016-2020.

Selain aktif berpolitik, Restu juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, di antaranya Komisi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) KAJ, Yayasan Hapsari yang bergerak dalam bidang pemberdayaan, trainer, serta konsultan manajemen sumber daya manusia, serta di beberapa kegiatan bersama para perempuan. Di dalam aktivitas perempuan antara lain juga sebagai Divisi Jaringan dan Avokasi Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) yang beranggotakan para perempuan lintas partai untuk kerja-kerja pemberdayaan, edukasi dan politik bagi perempuan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar