Revitalisasi Pasar Rakyat Efektif Mendongkrak Elektabilitas Jokowi

Revitalisasi Pasar Rakyat Efektif Mendongkrak Elektabilitas Jokowi
Iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo alias Jokowi, berhenti mendadak saat kunjungan kerja ke Cilacap, Jawa Tengah pada Senin (25/2). Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Revitalisasi ribuan pasar rakyat oleh pemerintah dinilai bisa mendongkrak elektabilitas Joko Widodo alias Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Para pedagang dan pengelola pasar mengapresiasi pembangunan pasar tersebut.

Kepala Pasar Probolinggo, Lampung Timur, Budi Hariyanto mengatakan, para pedagang mengapresiasi pemerintah atas peremajaan pasar mereka. Dia mengatakan, ada peningkatan omzet dan pengunjung sekitar 20 persen sampai 30 persen dari sebelum dilakukan revitalisasi.

“Kami merasakan bahwa ada peningkatan yang lumayan setelah perbaikan pasar. Karena sekarang jadi lebih bersih, lebih nyaman, dan pengunjung meningkat,” kata dia, Rabu (13/3).

Menurut Budi, untuk pasar sayur di Pasar Probolinggo, sudah sangat nyaman jika dibandingkan sebelum revitalisasi. Namun demikian, kata Budi, masih ada beberapa pembenahan seperti tempat parkir, listrik, dan lainnya.

Sementara Kepala UPT Pasar Umum Karanggede, Boyolali, Jawa Tengah, Mohammad Adam Nur Fathoni mengatakan, dari 12 pasar di wilayahnya, saat ini masih berlangsung revitalisasi.

“Untuk di Karanggede kita melakukan pembenahan 12 pasar di tujuh kecamatan. Jadi ada (pedagang) yang sudah masuk di pasar yang baru, dan ada yang belum. Secara umum kami dan pedagang mengapresiasi program pasar rakyat oleh pemerintah ini,” tuturnya.

Adam melanjutkan, masih dibutuhkan pembenahan seperti akses jalan oleh pemerintah daerah, dan juga fasilitas lainnya. Namun, pedagang sudah mengakui bahwa kenyamanan saat pembeli berbelanja memang jauh lebih baik.

Adam mengatakan, masih butuh waktu juga untuk beberapa pedagang beradaptasi dengan perubahan pasar. Dia juga belum bisa memastikan kenaikan pengunjung dan omzet para pedagang karena butuh waktu dan faktor pendukung lainnya.

Revitalisasi ribuan pasar rakyat oleh pemerintah dinilai bisa mendongkrak elektabilitas Joko Widodo alias Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News