Revolusi Mental Solusi Lahirnya Manusia Indonesia Berintegritas

Revolusi Mental Solusi Lahirnya Manusia Indonesia Berintegritas
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dekan FISIP Universitas Hasanuddin Prof Armin mengatakan perubahan karakter menjadi manusia yang unggul serta berkualitas merupakan sasaran penting saat ini di era dunia berbasis teknologi 4.0. 

Armin berharap perubahan karakter ini dapat menjadi solusi terhadap segala persoalan bangsa yang terjadi sekarang ini. 

"Revolusi mental yang dicanangkan pemerintahan Jokowi sejak tahun 2014 adalah formula yang tepat untuk mencapai perubahan karakter tadi," ujar Armin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/9). 

Menurutnya, karakter yang perlu tercipta dalam revolusi mental pemerintahan Jokowi yakni lahirnya manusia Indonesia berintegritas dan mampu memberikan perbaikan pada lingkungan masyarakatnya. 

Dia menilai gerakan revolusi mental yang digaungkan Presiden Jokowi dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) sebagai pemimpin gerakan nasionalnya sesuai jalur ingin dicapai. 

"Di situ perlu dukungan juga dari lintas stakeholder," tegas Armin.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa peran sentral mencetak karakter manusia Indonesia yang berintegritas sebagai bagian target revolusi mental ada pada generasi muda. 

Oleh karena itu, katanya, generasi muda harus dibina guna merealisasikan unsur-unsur revolusi mental tersebut. 

Peran sentral mencetak karakter manusia Indonesia yang berintegritas sebagai bagian target revolusi mental ada pada generasi muda.