RI dan China Tertinggi Buta Aksara

RI dan China Tertinggi Buta Aksara
RI dan China Tertinggi Buta Aksara
JAKARTA--Direktur UNESCO Office Jakarta Hubert Gijzen menyampaikan, pada 2008 terdapat sebanyak 105 juta buta aksara dewasa di kawasan Asia Timur dan Pasifik. Data itu dihitung selama 15 tahun terakhir.

Dia menyebutkan, sebanyak 51 persen dari jumlah tersebut adalah perempuan. "Lebih dari tiga perempatnya ada di dua negara yaitu Cina dan Indonesia," ujar Hubert di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa (21/6).

Hubert menambahkan, selama dua dekade terakhir, Cina telah berhasil mengurangi buta aksara sebanyak 94 juta orang. Sementara  India pada lima tahun terakhir telah menurunkan jumlah buta aksara sebanyak 70 juta orang, sedangkan Nepal mengentaskan sebanyak 7,6 juta buta aksara pada 2009-2011. "Banyak negara telah signifikan mempromosikan keaksaraan melalui analisis yang lebih baik, reformasi kebijakan, dan program yang dinilai efektif," katanya.

Menurutnya,  meskipun beberapa negara telah menerapkan program yang bagus, tetapi masih ada tantangan ke depan. Dikatakan,  masih ada sejumlah kelompok buta aksara diantaranya kaum minoritas, tidak mampu, dan marjinal. "Dalam berbagai konteks mereka membutuhkan pendekatan khusus diawali dengan pengenalan keaksaraan bahasa ibu," terang Hubert.

JAKARTA--Direktur UNESCO Office Jakarta Hubert Gijzen menyampaikan, pada 2008 terdapat sebanyak 105 juta buta aksara dewasa di kawasan Asia Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News