RI Menjadi Anggota DK PBB Bukti Nyata Kepercayaan Dunia

RI Menjadi Anggota DK PBB Bukti Nyata Kepercayaan Dunia
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Oleh Bambang Soesatyo
Ketua DPR RI

Keanggotaan tidak tetap Indonesia di Dewan Keamanan (DK) PBB Periode 2019-2020 mewakili wilayah Asia-Pasifik merupakan bentuk nyata kepercayaan dan apresiasi komunitas internasional atas peran dan kontribusi Bangsa Indonesia menjaga perdamaian dunia. Pimpinan DPR mengucapkan selamat dan memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintahan Presiden Jokowi, khususnya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan semua diplomat RI yang telah bekerja keras mewujudkan pencapaian ini.

Kepercayaan dunia kepada Indonesia ini tak terlepas dari pergaulan yang dibangun Presiden Jokowi dengan kepala negara lainnya. Sejak menjabat, Presiden Jokowi selalu membuka pintu istana bagi siapapun yang ingin datang menemuinya, baik itu dari kalangan rakyat biasa maupun dari kepala negara di belahan dunia.

Kepala negara yang diterima juga berasal dari berbagai kalangan, karena Presiden Jokowi tidak pernah membeda-bedakannya. Inilah yang membuat dunia internasional mengagumi kepemimpinan Presiden Jokowi.

Di sisi lain, DPR RI juga senantiasa menyelaraskan kebijakan Diplomasi Parlemen yang dijalankan dengan kebijakan politik luar negeri Presiden Jokowi. Sama halnya seperti Presiden Jokowi yang meminta dukungan dari kepala negara yang diterimanya di Istana, dalam berbagai kesempatan menerima para Duta Besar maupun saat tampil di forum internasional, DPR RI selalu mempromosikan Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB.

Terakhir, saat berbicara di International Parliamentary Union di Swiss beberapa bulan lalu, DPR juga aktif melakukan pertemuan bilateral dengan parlemen dari negara lain menjelaskan mengapa kita pantas menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB.

Keanggotaan RI di DK PBB itu tidak hanya bermakna prestasi di panggung internasional, melainkan juga menunjukkan keberhasilan Menlu Retno dan para diplomat RI menggambarkan dan meyakinkan kepada dunia tentang wajah dan kepribadian Bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

Sejarah peradaban mencatat bahwa Indonesia selalu menampilkan wajah dan citra bangsa yang cinta damai. Karena itulah Indonesia selalu bersedia berperan aktif menjaga perdamaian dunia, sejalan dengan kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif itu.

Keanggotaan tidak tetap Indonesia di DK PBB mewakili wilayah Asia-Pasifik merupakan bentuk nyata kepercayaan dan apresiasi komunitas internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News