RI-Rumania Gelar Forum Konsultasi Bilateral

Pertama Pasca Bergabungnya Rumania ke Uni Eropa

RI-Rumania Gelar Forum Konsultasi Bilateral
Penandatanganan naskah kesimpulan forum ke-3 konsultasi bilateral antara RI dan Rumania oleh Retno LP Marsudi dan Doru Romulus Costea. Foto: Arsito Hidayatullah/JPNN.
JAKARTA - Bertempat di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (9/3) siang, digelar sebuah pertemuan penting bilateral antara pemerintah RI dan Rumania. Pertemuan itu, yang disebut sebagai Forum ke-3 Konsultasi Bilateral antara kedua negara, dihadiri tim Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa (Dirjen Amerop) Retno LP Marsudi, serta delegasi dari Rumania yang dipimpin His Excellency (HE) Doru Romulus Costea, selaku Sekretaris Negara untuk Urusan Global di Kementerian Luar Negeri Rumania.

Dalam kesempatan itu, melalui masing-masing pimpinan kedua belah pihak, RI dan Rumania pun akhirnya menandatangani kesepakatan atas hasil diskusi dari forum konsultasi tersebut. Kepada wartawan, seusai penandatanganan kesepakatan hasil konsultasi itu, Retno pun menjelaskan bahwa pada dasarnya ini merupakan pembicaraan (forum konsultasi) bilateral ketiga antara kedua negara, serta yang pertama setelah bergabungnya Rumania dengan Uni Eropa (UE) - pada tahun 2007 lalu. Forum ini juga disebutkan menindaklanjuti pembicaraan antara Menlu kedua negara di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, September 2009 lalu.

"Sekarang ini baru tahap awal (konsultasi) untuk kelanjutan kerjasama bilateral kita. Salah satu yang kita bicarakan di sini misalnya adalah, menentukan tema apa yang kira-kira bakal dibahas dalam pertemuan teknis selanjutnya. Katakanlah infrastruktur misalnya. Nantinya pada tingkatan (pembicaraan) yang lebih konkrit, kita akan bisa libatkan juga dari pihak swasta," tutur Retno, sambil menyebut bakal membentuk tim khusus untuk pembicaraan itu yang berkemungkinan dimulai tahun depan.

Retno lantas menjelaskan pula, bahwa hubungan RI dengan Rumania sendiri sejauh ini berjalan dengan baik dan tanpa kendala, terutama sejak diawali dengan pengakuan kedaulatan RI oleh Rumania pada tahun 1950 lalu, serta dibukanya KBRI di Bucharest pada tahun 1961. Kini, setelah bergabungnya Rumania dengan UE, hubungan itu pun bisa dikatakan memasuki babak baru, yang oleh karenanya memerlukan pembicaraan awal sebagai landasan.

JAKARTA - Bertempat di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (9/3) siang, digelar sebuah pertemuan penting bilateral antara pemerintah RI dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News