RI Siap Andalkan Nuklir untuk Ketahanan Energi

RI Siap Andalkan Nuklir untuk Ketahanan Energi
RI Siap Andalkan Nuklir untuk Ketahanan Energi
JAKARTA- Pemerintah menyiapkan beberapa sumber energi baru dan terbarukan untuk ketahanan energi. Yaitu biofuel (bio diesel, bio etanol, bio oil), geotermal (energi panas bumi), batu bara yang dicairkan, energi angin, surya, mikrohidro, arus dan gelombang samudera, biogas, bio massa, fuel cell, dan nuklir.

Menurut Menristek Kusmayanto Kadiman, meskipun harga minyak dunia mengalami penurunan, program energi alternatif harus tetap dikembangkan karena sifatnya hanya sementara. Harga minyak diproyeksikan akan mengalami eskalasi jika perekonomian dunia mulai membaik.

“Pengembangan energi alternatif harus tetap dijalankan dan dipertahankan untk persiapan ketahanan pasokan energi jangka panjang, terutama untuk biofuel, energi panas bumi, nuklir, mikro hydro,” ucap Menristek.

Adapun komposisi bauran energi yang diharapkan bisa tercapai pada 2025 adalah minyak bumi < 20 persen, batubara > 33 persen, gas alam > 30 persen, energi baru dan terbarukan > 17 persen, bahan bakar nabati > 5 persen, panas bumi > 5 persen, batubara yang dicairkan > 2 persen, dan lebih dari 5 persen untuk energi biomassa, nuklir, tenaga air, tenaga surya dan angin.

JAKARTA- Pemerintah menyiapkan beberapa sumber energi baru dan terbarukan untuk ketahanan energi. Yaitu biofuel (bio diesel, bio etanol, bio oil),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News