RI-Singapura Sepakati Batas Laut

RI-Singapura Sepakati Batas Laut
RI-Singapura Sepakati Batas Laut
JAKARTA - Negosiasi mengenai batas laut antara Indonesia dan Singapura akhirnya menemui hasil. Pemerintah kedua negara kemarin menyepakati batas laut teritorial, yakni segmen tengah atau segmen barat.

Presiden SBY menjelaskan, kesepakatan perbatasan adalah menyangkut segmen barat, terutama sebelah utara Pulau Nipah. Kesepakatan itu dinilai penting karena dari sisi geoekonomi dan geopolitik, kesepakatan tersebut telah menciptakan kepastian bagi kedua negara.

"Dengan telah pastinya garis batas ini, pengembangan ekonomi Indonesia di wilayah itu, termasuk kerja sama Indonesia dengan Singapura dan Malaysia, akan semakin baik," ujar presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/2).

SBY menjelaskan, perbatasan teritorial Indonesia dengan Singapura tergolong daerah strategis, mengingat dulu kawasan itu dikenal dengan sebutan segitiga emas. "Saudara, ingat kerja sama segitiga pertumbuhan Sijori (Singapura, Johor, Riau) dan juga kerja sama lain, apalagi kita telah menetapkan kawasan Batam, Bintan dan Karimun sebagai Free Trade Zone," lanjutnya.

JAKARTA - Negosiasi mengenai batas laut antara Indonesia dan Singapura akhirnya menemui hasil. Pemerintah kedua negara kemarin menyepakati batas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News