Rias Paskibraka, Martha Tilaar Kerahkan 30 Anak Buah, Dibayar Berapa?

Rias Paskibraka, Martha Tilaar Kerahkan 30 Anak Buah, Dibayar Berapa?
Puspita Martha Internasional Beauty School. Foto: Denisa/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Semua terlihat tegap. Yang cowok terlihat gagah, yang cewek terlihat manis, cantik, cerah, dan smart.

Ya, selalu begitu penampilan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang bertugas di acara kenegaraan yang sakral, upacara Detik-detik Proklamasi,  17 Agustus di Istana Negara.

Rupanya, soal penampilan putra-putri terbaik bangsa itu, tak lepas dari polesan Martha Tilaar.

"Dari tahun 1994, pokoknya dari zaman Soeharto kami sudah menjadi perias Paskibraka. Ibu (Martha) memang selalu dekat dengan siapa saja (kalangan Istana, siapa pun presidennya, red)," kata Edwina Waas, selaku Kepala Sekolah Puspita Martha Internasional Beauty School, Martha Tilaar, saat ditemui di kantornya, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (14/8).

Edwina menegaskan bahwa para perias anggota Paskibraka merupakan orang-orang yang sudah terbukti memiliki ketrampilan, disiplin, dan pengalaman yang mumpuni.

"Mereka (perias) alumni yang sudah teruji pastinya. Tentu, juga punya pengetahuan luas tentang hari kemerdekaan itu sendiri. Ada 30 orang, 15 untuk rambut, dan 15 untuk make-up wajah. Tren warna Sari Ayu untuk make-up kami gunakan," ungkap Edwina.

Kesigapan para perias pun harus terus dijaga dalam satu hari penuh. Pasalnya, mereka memulai merias sejak pukul 02.00 WIB, pada (17/8) nanti. Padahal, mereka tidak dibayar sebagai perias.

"Gratis. Demi negara, kami ikut berpartisipasi dalam hari kemerdekaan. Malah, kami yang mengeluarkan biaya untuk make-up ya. Kalau uang negara, paling kasih penginapan ke semua perias di Hotel Sriwijaya, dekat Istana Negara. Mereka nginap, check-in malam, jam 02.00 sudah mulai rias karena banyak yang akan dirias," kata Edwina. (mg3/jpnn)

JAKARTA - Semua terlihat tegap. Yang cowok terlihat gagah, yang cewek terlihat manis, cantik, cerah, dan smart. Ya, selalu begitu penampilan anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News