Ribuan Buruh Berdemonstrasi Lagi Besok, 3 Kantor Jadi Sasaran

Ribuan Buruh Berdemonstrasi Lagi Besok, 3 Kantor Jadi Sasaran
Ilustrasi demonstrasi buruh. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ribuan buruh dari sejumlah serikat pekerja akan menggelar demonstrasi serentak secara nasional pada Rabu (8/12) untuk memperjuangkan haknya.

"Aksi buruh dilakukan di Jakarta pukul 09.30 WIB di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Surat pemberitahuan sudah diteruskan ke aparat keamanan. Lokasi yang akan dituju peserta aksi adalah gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Istana Kepresidenan, dan Balai Kota DKI," ujar Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam konferensi pers, Selasa (7/12).

Said Iqbal mengatakan serikat pekerja yang akan menggelar aksi demonstrasi adalah KSPI, KPBI, dan FSPMI. 

"Pada tanggal 6-10 Desember 2021 aksi buruh dilakukan di daerah masing-masing dengan tetap mematuhi peraturan PPKM," ungkap Said Iqbal.

Nantinya, lanjut Said Iqbal, di MK peserta aksi akan menyampaikan surat dan meminta kejelasan MK terhadap putusannya terkait uji formil UU Cipta Kerja.

Menurut Said Iqbal, ada tiga tuntutan dalam aksi besok, yakni:

1. Revisi Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang UMP dan UMK tahun 2022.

2. Mendesak untuk mencabut PP No 36 tahun 2021 tentang pengupahan, karena sudah ada keputusan MK yang menyatakan bahwa keputusan butir No 7 yang menangguhkan tindakan atau kebijakan yang bersifat strategis dan berdampak luas.

Ribuan buruh dari sejumlah serikat pekerja akan menggelar demo serentak nasional pada Rabu (8/12) besok dengan tiga menyasar tiga kantor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News