Ribuan Guru Pensiun

Kemendiknas Tandatangani SKB

Ribuan Guru Pensiun
Ribuan Guru Pensiun
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) mencatat akan ada guru pensiun besar-besaran pada 2014 nanti. Sedikitnya 195.387 guru bersiap purna tugas. Untuk itu, perlu regulasi khusus untuk mencari penggantinya.

Salah satu regulasi yang sedang digodok Kemendiknas adalah dengan memberikan kemudahan kepada para guru muda untuk mendapatkan sertifikasi. "Tidak muda, harus ada persyaratan khusus," ujar Mendiknas, Mohammad Nuh saat menghadiri Kongres Guru Indonesia 2010 di Balai Kartini, Kemarin.

Nuh menjelaskan, persyaratan tersebut sangat mudah. Guru yang baru saja menyelesaikan pendidikannya mengajar terlebih dahulu di sekolah yang letakknya di daerah terpencil. "Dalam jangka waktu tertentu. Tergantung kebutuhan guru di wilayah masing-masing," terang Nuh.

Menurut Nuh, cara tersebut dimanfaatkan untuk mengatur distribusi guru di daerah dan pusat kota. Untuk itu, kata dia, Kemendiknas, Kemendagri dan Kemeneg pan segera mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) untuk mengatur distribusi guru di kabupaten/kota.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) mencatat akan ada guru pensiun besar-besaran pada 2014 nanti. Sedikitnya 195.387 guru bersiap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News