Ribuan Kursi Kosong

Bantah Disengaja Untuk Jalur Mandiri

Ribuan Kursi Kosong
Ribuan Kursi Kosong
JAKARTA -- Peserta ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2011 harap-harap cemas menunggu pengumuman kelulusan. Panitia Pusat SNM PTN tetap bakal mengumumkan kelulusan Kamis depan (30/6). Data sementara, kursi kosong mencapai tujuh ribuan dari total kuota ujian tulis sejumlah 110.149 ribu.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Pusat SNM PTN Herry Suhardiyanto tadi malam. "Angka tadi itu masih sangat sementara, belum angka valid," kata dia. Sebab, dari seluruh PTN yang menggelar ujian tulis SNM PTN masih ada sebelas kampus yang belum menyetor angka kelulusan. Dia mengatakan, pagi ini (28/6) data jumlah kelulusan setiap PTN sudah bisa diinformasikan ke publik.

Rektor ITB itu membantah jika bangku kosong tadi menjadi celah atau kesempatan PTN untuk menampung mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri. Seperti yang sering terjadi, biaya pendidikan jalur ujian mandiri lebih mahal, dibanding jalur ujian tulis SNM PTN. Herry menjelaskan, kursi kosong tadi murni disebabkan karena ada pendaftar yang tidak mampu mengejar batas persyaratan minimal.

Herry mengatakan, di IPB biaya pendidikan untuk SPP setiap semester tidak berbeda antara siswa jalur ujian tulis SNM PTN maupun jalur mandiri. "Jadi tidak ada unsur kesengajaan," kata dia.

JAKARTA -- Peserta ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2011 harap-harap cemas menunggu pengumuman kelulusan. Panitia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News