Ribuan Lulusan IPDN Resmi jadi PNS, Disebar ke Seluruh Pelosok Tanah Air

Ribuan Lulusan IPDN Resmi jadi PNS, Disebar ke Seluruh Pelosok Tanah Air
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dalam upacara pelepasan 1.457 orang Purna Praja IPDN Angkatan XXV yang sudah berstatus PNS, ditugaskan ke seluruh pelosok tanah air. Foto: Humas Kemendagri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ribuan lulusan IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) yang telah diangkat menjadi CPNS Kemendagri pada 2018, disebar ke seluruh pelosok tanah air.

Upacara pelepasan terhadap 1.457 orang Purna Praja IPDN Angkatan XXV dipimpin Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di Lapangan Upacara Kampus IPDN Cilandak Jakarta Selatan, Selasa (30/7).

Para CPNS Kemendagri itu telah selesai melaksanakan orientasi tugas pada Instansi Daerah asal pendaftaran dan dinyatakan lulus Pelatihan Dasar CPNS Golongan III sehingga layak diangkat menjadi PNS terhitung 1 Agustus 2019.

Mereka selanjutnya akan ditugaskan secara lintas Provinsi di seluruh Indonesia Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Agustus 2019 dan akan dialihkan jenis kepegawaiannya dari PNS Kemendagri menjadi PNS Daerah tempat penugasan masing-masing Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Oktober 2019.

“Pascapenetapan kebijakan terkait Penempatan Tugas Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini, terdapat beberapa perubahan yang signifikan dalam metode penempatan lulusan IPDN, diantaranya adalah penempatan tugas lulusan IPDN dilakukan secara lintas Provinsi di seluruh Indonesia,” ujar Hadi.

BACA JUGA: Muhadjir: Jangan Angkat Guru Honorer, Lebih Baik Pertahankan yang Sudah Pensiun

Penempatan ini sesuai Permendagri Nomor 34 Tahun 2019 tentang Penempatan Tugas Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri, yang menyebutkan bahwa Lulusan IPDN akan melaksanakan orientasi penugasan sekaligus ditempatkan secara lintas provinsi.

Kebijakan penempatan tugas ini dilakukan dalam rangka membantu pelaksanaan tugas pada Pemerintah Daerah untuk semakin fokus dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia secara merata ke seluruh pelosok tanah air, sebagaimana telah dilakukan dalam bidang infrastruktur, karena Sumber Daya Manusia memiliki peran penting

Ribuan lulusan IPDN jadi PNS, akan ditugaskan secara lintas Provinsi di seluruh Indonesia Terhitung Mulai Tanggal alias TMT 1 Agustus 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News