Jumat, 20 Juli 2018 – 07:44 WIB

Ribuan Orang Hadiri Puncak Peringatan Hardiknas 2018

Senin, 07 Mei 2018 – 16:35 WIB
Ribuan Orang Hadiri Puncak Peringatan Hardiknas 2018 - JPNN.COM

jpnn.com, LOMBOK - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang ditempatkan di Lombok City Center (LCC).

Kemeriahan puncak peringatan Hardiknas tampak terlihat di LCC, Lombok Barat, NTB, dengan dihadiri lebih dari 4.000 orang pelaku dan pemerhati pendidikan dan kebudayaan.

“Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTB yang telah memberikan dukungannya menyukseskan puncak peringatan Hardiknas tahun 2018,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, pada Puncak Peringatan Hardiknas 2018, di LCC, Lombok Barat, NTB, Senin (07/05/2018).

Tampak berbeda pelaksanaan puncak peringatan Hardiknas tahun ini. Pada pelaksanaannya puncak Hardiknas diselenggarakan bersamaan dengan penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional ke-26. Selain itu juga terdapat Olimpiade Guru tingkat Nasional, Penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada sekitar 300 siswa, dan pemberian penghargaan kepada 13 siswa penerima KIP yang berprestasi.

Penyelenggaraan LKS dilaksanakan Kemendikbud secara konsisten sejak tahun 1992 hingga tahun 2018. Pelaksanaan LKS tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dalam penyelenggaraannya, LKS tahun dilaksanakan pada tanggal 6 s.d. 12 Mei 2018 dengan diikuti oleh 1068 siswa dengan mengangkat tema “Generasi Muda “Zaman Now” yang Berkompeten dan Berkarakter”.

Pelaksanaan LKS SMK memperlombakan 58 Bidang Lomba, dengan rincian 2 Bidang lomba Daring (online), 49 Bidang Lomba Luring (offline). Selain memperlombakan bidang-bidang siswa SMK Indonesia, pelaksanaan tahun ini turut diperlombakan 7 bidang yang diikuti oleh komunitas vokasi dengan peserta dari Indonesia maupun dari negara lain di tingkat ASEAN, dengan nama South East Asia Creative Camp (SEACC).

Bidang-bidang yang diperlombakan untuk komunitas vokasi meliputi Becoming an Enterpreneur is Easy, Multimedia: AR School Project, Multimedia: AR STEM Project, Multimedia: Educational Game Dev, 2D Animation, Urban Agriculture, dan Online Modeling Tourism Promotion.

Beberapa kegiatan pendukung dalam LKS SMK tingkat nasional tahun ini meliputi pameran produk unggulan SMK dari 34 provinsi, pameran literasi, workshop kebekerjaan, Job Matching; One School One Province (OSOP) di mana setiap kontingen berkunjung ke satu sekolah di Kota Mataram untuk bersahabat dan mendapat dukungan selama lomba. Selanjutnya terdapat kegiatan Show Skills Alumni Competitor World Skills Competition (WSC), dan sertifikasi kompetensi, serta beberapa kegiatan pendukung lainnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar