Ribuan Pasukan Brimob Dikerahkan Jelang 9 Desember

Ribuan Pasukan Brimob Dikerahkan Jelang 9 Desember
Brimob. Ilustrasi Foto: ANTARA/Daniel Leonard

jpnn.com, BANYUMAS - Komandan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Tengah Iptu Siswadi Jamal menyatakan siap mengerahkan anak buahnya untuk membantu pengamanan Pilkada Serentak 2020.

Diketahui, sebanyak 21 kabupaten/kota di Jateng akan menggelar Pilkada 2020, yang pemungutan suaranya dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

"Khususnya untuk pelaksanaan pengamanan pilkada di 21 kabupaten/kota, untuk jajaran Satuan Brimob Polda Jawa Tengah, kalau kami di eks wilayah Banyumas, yaitu mem-backup Wonosobo dan Kebumen," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (14/11).

Iptu Siswadi mengatakan hal itu kepada wartawan usai Tasyakuran Hari Ulang Tahun Ke-75 Korps Brimob di halaman Markas Komando Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor, Watumas, Purwokerto.

Terkait dengan persiapan-persiapan untuk mendukung pengamanan tersebut, dia mengatakan pihaknya telah diperbarui dengan peralatan-peralatan penanggulangan huru-hara seperti tameng, barikade kawat (security barrier), dan mobil penanggulangan.

"Anggota kami setiap hari selalu latihan dengan motto 'Latihan Sepanjang Hari, Latihan Sepanjang Tahun," katanya.

Iptu Siswa mengatakan jumlah personel Satbrimob Polda Jateng yang disiapkan untuk membantu pengamanan Pilkada Serentak 2020 sebanyak dua per tiga pasukan atau sekitar 1.100 orang dari total personel yang mencapai kisaran 1.700 orang.

Khusus untuk Brimob Kompi 3 Batalyon B Pelopor, kata dia, pihaknya menyiapkan dua peleton antianarkis yang secara keseluruhan terdiri atas 52 personel.

Ipru Siswadi Jamal memastikan ada ribuan Brimob yang akan dikerahkan, untuk pengamanan pada 9 Desember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News