Ribuan PNS DKI Tunggu NIP

Ribuan PNS DKI Tunggu NIP
Ribuan PNS DKI Tunggu NIP
JAKARTA - Ribuan warga Jakarta yang sudah terdaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih telantar hingga saat ini. Pascakelulusan tes akhir tahun lalu, sebanyak 2.654 CPNS masih menunggu keluarnya nomor induk pegawai (NIP) sebagai syarat sah terdaftar sebagai pegawai. "Kami masih menunggu penetapan NIP dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN)," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Budihastuti.

Penempatan para pegawai baru belum bisa dilakukan lantaran NIP PNS ditentukan pusat. Mengingat data PNS DKI dikelola satu pintu oleh BKN bersama daerah lain secara nasional. Jika NIP sudah bisa keluar, BKD bisa langsung bergerak untuk membuatkan SK pengangkatan.

Diharapkan, paling lambat akhir bulan ini BKN sudah bisa mengeluarkan NIP. Sehingga, para pegawai bisa langsung didistribusikan ke seluruh satuan kerja perangkat daerah yang membutuhkan tenaga baru. Mengingat banyak pegawai pensiun. "Kami akan proses secepatnya," katanya.

Menurut pengakuan Dodi, 27, CPNS lulusan ITB, hingga saat ini memang belum ada pendidikan prajabatan yang seharusnya sudah dilaksanakan. SK pengangkatan juga belum ada. Pemprov berjanji akan mengumumkan via website. Namun, saat dibuka, justru website error. "Kami tidak tahu sampai kapan. Informasinya SK sudah ditandatangani gubernur dan sekarang ada di BKD. Tapi belum dikirimkan ke calon pegawai,"ungkapnya.

JAKARTA - Ribuan warga Jakarta yang sudah terdaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih telantar hingga saat ini. Pascakelulusan tes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News