Ribuan Unggas Positif Flu Burung

Ribuan Unggas Positif Flu Burung
Ribuan Unggas Positif Flu Burung
PADANG--Usai dilakukan pemeriksaan uji cepat (rapid test) dan uji banding di laborarium Balai Pengembangan dan Penelitian Veteriner (BPPV), ribuan  unggas (itik) mati mendadak di Kota Panjang Kecamatan  Lamposi  Tiga Nagari (Latina) Payakumbuh, positif Avian Influenza (AI).

Untuk menimalisir dampak penularannya, Dinas Peternakan Sumbar dan Dinas Pertanian Payakumbuh telah melokalisir titik kejadian dengan radius 500 meter dengan melakukaan bio security. Peternak diminta terus menjaga kebersihan kandang dan melakukan bio security minimal sekali seminggu.

"Tim dari Dinas Peternakan Sumbar dan BPPV telah turun ke lokasi. Saat rapid test dilakukan memang  sudah positif AI. Namun kami berusaha melakukan pengujian kembali dengan melakukan uji banding di laboratarium, hasilnya tetap sama," ujar Kabid Keswan  Dinas Peternakan Sumbar Abdul Kamil kepada Padang Ekspres (Grup JPNN), Selasa (1/1).

Ia menyebutkan terjangkitnya AI, akibat peternak mendapatkan drop unggas dari daerah yang dilarang memasukan unggas di Sumbar. Katanya, kesalahan ini, bukan akibat kesalahan peternak, sebab peternak mendapatkan  unggas dari DO di Piobang. Sementara DO unggas di Piobang mendapatkan unggas dari DO dari  Lampung.

PADANG--Usai dilakukan pemeriksaan uji cepat (rapid test) dan uji banding di laborarium Balai Pengembangan dan Penelitian Veteriner (BPPV), ribuan 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News