Ribuan Warga Belum Dapat BLSM

Ribuan Warga Belum Dapat BLSM
Ribuan Warga Belum Dapat BLSM

jpnn.com - KARAWANG-Sebanyak 1.700 orang masyarakat miskin di Kecamatan Karawang Timur belum mendapatkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap kedua. Sebab, masyarakat tidak mengetahui pencairan BLSM itu karena sebelumnya tidak ada sosialisasi kepada masyarakat.

"Kurangnya sosialisasi menjadi kendala bagi masyarakat miskin yang hendak mengambil BLSM. Sehingga, ada sekitar 1.700 masyarakat miskin yang belum mendapatkannya," kata Ketua Satgas BLSM, Asep Tohari yang ditemui di Kantor Camat Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jumat (6/9).

Dikatakan, dari jumlah alokasi 161.463,  yang  terealisasi baru sekitar 98 persen pada tahap pertama. "Sisanya yang 2 persen masih belum dapat," katanya.

Kendati begitu, kata Asep, masyarakat miskin yang belum mendapatkan BLSM di tahap pertama dapat mengambil BLSM di tahap kedua. "Yang belum, bisa mengambil di tahap ke dua,  untuk awal minggu pertama di Karawang Timur, Barat sama Ciampel. Terakhir Telukjambe Timur," terangnya.

Pembagian di tahap dua berlangsung dari tanggal 2 September -  22 november. Dikatakan pihaknya menargetkan 1500 per hari per titik bayar."Kini pembagian sudah berlangsung, dan kami harapkan bisa berjalan dengan lancar. Karena sekarang pengamanan dan pembagian lebih di perketat dengan adanya bantauan dari pemkab.  Selain kepolisian, Satpol PP kini membantu mengamnkan pembagian BLSM di titik pembayaran," katanya.

Selain itu,katanya, perubahan penerima BLSM pun terjadi di Kabupaten Karawang, dikatakan, saat ini ada sekitar 1250 penerima BLSM yang berubah. perubahan tersebut terjadi karena adanya beberapa warga yang , layak,meninggal, atau pindah.
"Hasil jumlah tersebut di usulkan pada saat musyawarah desa terkait penggantian RTS berimbang, namun pengalokasian tidak berubah karena tidak ada penambahan ataupun pengurangan," tukasnya.

Sementara itu, warga Kelurahan Tunggak Jati, Kecamatan Karawang Barat, Hanafi mengaku untuk sosialisasi tidak ada masalah, hanya saja dikatakannya pembagiannya sedikit lama karena harus mengantri. Namun begitu dirinya tetap menunggu dari siang hingga sore. "Saya dari tadi siang samapai sekarang masih belum dapat, ini antrinya panjang," singkatnya.

Pembagian BLSM tahap dua sudah berlangsung dengan lancara di beberapa titik pembagian seperti Kantor Camat Karawang timur, Kantor Camat Karawang Barat,  Ciampel.(use/lsm)


KARAWANG-Sebanyak 1.700 orang masyarakat miskin di Kecamatan Karawang Timur belum mendapatkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News