Ribuan Warga Sumbar Diduga Terlibat NII, Guspardi Gaus Minta Polri Gerak Cepat

Ribuan Warga Sumbar Diduga Terlibat NII, Guspardi Gaus Minta Polri Gerak Cepat
Ilustrasi - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Sumatera Barat Guspardi Gaus meminta Polri mengambil langkah cepat guna memberantas paham radikal yang menyebar di masyarakat.

Hal itu buntut dari laporan Polri yang menyebut ribuan orang Sumatera Barat diduga terindikasi masuk dalam jaringan teroris Negara Islam Indonesia (NII).

Guspardi menegaskan jaringan teroris NII harus ditumpas sampai ke akar-akarnya.

"Jangan sampai tatanan kehidupan masyarakat Sumatera Barat yang selama ini adem, tenang, dan kondusif menjadi terancam karena disusupi paham NII," ucap Guspardi kepada wartawan, Senin (18/4).

Dia juga berharap pemerintah daerah sebagai pembina sosial dan politik masyarakat turun memberikan edukasi ihwal ideologi radikal di bawah kelompok NII.

"Oleh karena itu, sekali lagi, jika data mengenai jumlah anggota NII benar adanya, diharapkan pemerintah daerah sebagai pembina sosial dan politik harus waspada. Kemudian gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mewaspadai dan menghindari ideologi yang dibawa kelompok NII," lanjut dia.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebutkan jaringan NII telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Ramadhan mengatakan jumlah anggota NII di Sumatera Barat mencapai 1.125 orang, bahkan dari jumlah itu, 400 orang adalah personel aktif.

Polri yang menyebut ribuan orang Sumatera Barat diduga terindikasi masuk dalam jaringan teroris Negara Islam Indonesia (NII). Guspardi bereaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News