Ribuan Warga tak Punya Akte Kelahiran

Ribuan Warga tak Punya Akte Kelahiran
Ribuan Warga tak Punya Akte Kelahiran
TANGERANG - Ribuan warga Kecamatan Neglasari, hingga saat ini belum memiliki akte kelahiran. Hal ini terungkap saat pemberian bantuan akte kelahiran gratis untuk 500 warga miskin di RT 02/02, Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Minggu (11/3).

Ketua Dewan Pembina Ormas Gema Shadana Hashim Djojohadikusumo mengatakan, pihaknya sangat terkejut, ketika mendengar banyaknya warga Neglasari yang masih belum memiliki catatan akta kelahiran. "Mereka yang kami berikan ini hanya sebagian saja. Masih ada ribuan warga lagi yang belum memiliki akte. Padahal akte inikan hak dasar dari seluruh warga negara Indonesia dan diatur dalam perundang-undangan," katanya.

Menurutnya, ketika mendapatkan laporan dan permintaan dari warga terkait pembuatan akte kelahiran, pihaknya langsung menyetujuinya. Sebab, Ormas binaannya ini banyak bergerak dalam bidang sosial dan pelayanan masyarakat yang membutuhkan. "Saya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, tapi seharusnya hal seperti ini menjadi tanggungjawab pemerintah, dalam hal ini Pemkot Tangerang," ujarnya.

Melihat kenyataan itu, pihaknya pun berharap, pemerintah bisa lebih konsen lagi dalam menangani  persoalan ini karena ini menyangkut hak-hak warga negara. "Saya berjanji akan terus membantu warga yang belum memiliki akte kelahiran dan bukan hanya di Kota Tangerang saja, melainkan di seluruh Indonesia," ujarnya.

TANGERANG - Ribuan warga Kecamatan Neglasari, hingga saat ini belum memiliki akte kelahiran. Hal ini terungkap saat pemberian bantuan akte kelahiran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News