Ribuan Wisatawan Malaysia Padati Festival Border Aruk-Kalbar

Ribuan Wisatawan Malaysia Padati Festival Border Aruk-Kalbar
Ribuan Wisatawan Malaysia Padati Festival Border Aruk-Kalbar. Foto: Kemenpar

jpnn.com - SAMBAS - Ibarat mesin diesel. Makin lama makin mantap. Itulah hasil nyata kerja Menpar Arief Yahya menggeber Festival Wonderful Indonesia (FWI) di perbatasan Aruk, Sambas, Kalbar dengan Malaysia.

Dua hari atraksi sukses menyedot 6.137 wisman asal Malaysia Timur (Serawak dan Sabah). Hari pertama 1.432 wisman hari kedua 4705 wisman.

Melampaui angka FWI sebelumnya 3.332 wisman bulan September. Ada kenaikan kunjungan 2.805 wisman. Capaian yang luar biasa mengingat even pertama Februari hanya 100 kunjungan.

"Ini data resmi yang dicatat imigrasi pos lintas batas Aruk. Melampaui target yang kita tetapkan saat rakor yaitu 5000 wisman," kata Kepala Bidang Festival Asia Tenggara Kemenpar RI, Eddy Susilo. Itulah hasil nyata FWI selama dua hari 5 -6 Nepember 2016 di Lapangan Sajingan Besar Aruk kec Sajingan kab Sambas Kalbar.

Selama dua hari ribuan wisman Malaysia bersama warga lokal digoyang artis-artis dangdut ibukota. Minggu (6/11/2016) giliran Siti Badriyah sebagai pamungkas. Lapangan berkapasitas 10000 orang itu penuh sesak. Warga dua negara bersebelahan itu tumplek blek jadi satu. Bahkan meluber ke jalan jalan karena lapangan tidak cukup.

"Saya mencatat dari waktu ke waktu Festival  Wonderful Indonesia di perbatasan itu terus meningkat. Karena ada hiburan baru yang menarik buat orang Malaysia. Setelah ramai, kelak harus punya destinasi sendiri di kawasan tersenut, sehingga oramg Malaysia bisa lebih lama berkunjung ke tanah air," kata Rizki Handayani Mustafa, Asdep Pengembangan Pemasaran Wilayah ASEAN Kemenpar.

Sibad, nama panggung biduan asli Bekasi itu menghibur penonton dengan tujuh lagu. Lima lagunya sendiri sisanya lagu Slank berlirik dangdut. Paling heboh lagu dari albumnya sendiri berjudul Bara Bere.

Penonton Malaysia pun ikut bernyanyi saking familiernya. Pedangdut yang main sinetron Senandung MNC TV itu tampak anggun dengan baju panjang warna gelap yang menutup seluruh tubuh dan kakinya.

SAMBAS - Ibarat mesin diesel. Makin lama makin mantap. Itulah hasil nyata kerja Menpar Arief Yahya menggeber Festival Wonderful Indonesia (FWI) di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News