Richard Sambera Tradisikan Bangun Pagi

Richard Sambera Tradisikan Bangun Pagi
Richard Sambera berjalan diatas catwalk di acara P&G celebrating London 2012 Olympic GAmes di Annex Building KAmis malam (28/6). Dia bersama atlit lainnya melakukan fashion show. Foto: Janesti Priyandini/Jawa Pos/JPNN.com

Banyak hal bisa menjadi kunci sukses dalam karir seseorang. Bagi Richard Sambera, kunci suksesnya adalah kerja keras. Mantan perenang nasional dengan segudang prestasi itu menegaskan, pencapaiannya tidak diraih lewat proses instan. Sejak kelas III SD dia terbiasa dibangunkan pukul 3 pagi untuk mulai bersiap berlatih renang.

 

Richard kecil harus sudah bangun saat rekan-rekan seusianya masih terlelap tidur. Sebagai sosok yang bukan berasal dari latar belakang keluarga berada, dia tentu tidak memiliki fasilitas renang sendiri. Untuk menuju tempat latihan, Richard harus menumpang kendaraan umum. Hal tersebut dilakoninya hampir setiap hari.

 

"Jam 4 (pagi) sudah mulai latihan, jam 6 selesai, lalu bersiap berangkat sekolah," kata pria kelahiran 19 Desember 1971 yang pernah memegang rekor SEA Games gaya bebas 100 meter itu.

 

Meski relatif berat, terutama bagi anak seusia dirinya waktu itu, Richard menjalaninya dengan semangat yang besar. Pendorongnya tentu adalah semangat untuk mencetak prestasi setinggi-tingginya.

 

Banyak hal bisa menjadi kunci sukses dalam karir seseorang. Bagi Richard Sambera, kunci suksesnya adalah kerja keras. Mantan perenang nasional dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News