Ricky-Bambang: Tetap Lebih Penting Pembinaan

Ricky-Bambang: Tetap Lebih Penting Pembinaan
PEMBINAAN - Anggota timnas Indonesia saat berlatih di Lapangan ABC, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (2/8). Pembinaan terhadap pemain muda masih dipandang sebagai hal yang vital. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos.
JAKARTA - Rumor naturalisasi memunculkan pro-kontra. Ada yang bilang bahwa langkah itu bisa membantu pencapaian prestasi sepak bola Indonesia yang nihil gelar dalam waktu lama. Tapi, tidak sedikit juga yang tidak sepakat dengan cara tersebut.

"Naturalisasi adalah cara instan. Itu sangat tidak bagus untuk jangka panjang. Saya tidak mengatakan naturalisasi tidak tepat. Namun, sebaiknya PSSI memfokuskan diri pada pembinaan pemain muda. Sebab, hasilnya akan lebih tampak," kata Ricky Yakobi, mantan kapten timnas Indonesia.

"Pembinaan usia muda sekarang berjalan tidak sebagaimana mestinya. Karena itu, output-nya, ya, seperti sekarang. Mestinya, itulah yang jadi perhatian PSSI," sambung mantan pemain yang turut dua kali mempersembahkan medali emas SEA Games tersebut. Selain itu, menurut Ricky, para pemain yang menyatakan niat memperkuat timnas Indonesia belum tentu berkualitas bagus.

"Dipikir secara normal saja, jika punya kualitas bagus, tentu para pemain itu sudah laris manis di Eropa. Jadi, kalau sekarang ada yang ngebet main untuk Indonesia, kita buktikan dulu kualitasnya. Lagi pula, kalau tiba-tiba timnas dipenuhi pemain naturalisasi, pesepak bola terbaik hasil kompetisi mau dikemanakan?" beber Ricky.

JAKARTA - Rumor naturalisasi memunculkan pro-kontra. Ada yang bilang bahwa langkah itu bisa membantu pencapaian prestasi sepak bola Indonesia yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News