Para Pemain Keturunan Indonesia di Eredivisie

Rata-Rata U-23, Penggawa Tim Junior Oranye

Para Pemain Keturunan Indonesia di Eredivisie
Para Pemain Keturunan Indonesia di Eredivisie
Dari 450 pemain yang menghuni skuad utama ke-20 klub Eredivisie - Liga Belanda - musim ini (2010-2011), tujuh di antaranya merupakan pemain keturunan Indonesia. Siapa saja ketujuh pemain itu?

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa banyak pesepak bola Belanda yang memiliki hubungan darah dengan Indonesia. Sebut saja Johny Heitinga yang kini membela klub Premier League Inggris, Everton, Giovanni van Bronckhorst (baru saja gantung sepatu), dan Denny Landzaat (tanpa klub). Maluku disebut sebagai tanah leluhur ketiganya.

Selain ketiganya, masih banyak pesepak bola Belanda keturunan Indonesia lainnya di Eropa. Khususnya yang berkiprah di Eredivisie musim ini. Berdasarkan daftar pemain yang telah diregistrasi KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda), sedikitnya ada tujuh pemain ber-nenek moyang Indonesia.

Dari ketujuh pemain itu, rata-rata masih muda atau masih bisa masuk tim junior U-23 (di bawah usia 23 tahun). Perkecualian mungkin hanya untuk Michael Timisela. Bek kanan yang memperkuat VVV Venlo itu sudah berumur 24 tahun.

Timisela bukan hanya pemain "paling tua" dibandingkan enam pemain keturunan Indonesia, melainkan juga paling berpengalaman di Eredivisie. Timisela sudah merumput di kasta teratas kompetisi Belanda itu sejak 2005 bersama Ajax Amsterdam.

Dari 450 pemain yang menghuni skuad utama ke-20 klub Eredivisie - Liga Belanda - musim ini (2010-2011), tujuh di antaranya merupakan pemain keturunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News