Ridho Masih Tutup Mulut Soal Koalisi

Ridho Masih Tutup Mulut Soal Koalisi
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Bakal calon gubernur (balongub) petahana M. Ridho Ficardo belum juga mau membuka partai politik (parpol) koalisi yang bakal mengusungnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 27 Juni 2018.

Selain Partai Demokrat (PD) yang memang dia ketuai di level provinsi, belum ada parpol lain yang menyatakan dukungan terhadapnya.

Pada April 2017, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto sempat menerbitkan surat rekomendasi balongub kepada Ridho. Namun, surat tersebut tak bertahan lama.

Pada Selasa (10/10), tepat ketika Ridho mendapat penugasan dari Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mencari mitra koalisi, rekom Gerindra juga justru ’’terbang” ke Arinal.

Dalam sejumlah kesempatan, baik Ridho maupun tim pemenangannya menyatakan bahwa dukungan parpol sudah aman dan terkendali. Tetapi, Ridho dan jajarannya di PD kompak tutup mulut terkait parpol pengusung. Di DPP PD pun demikian. Tak ada yang mau membuka kartu soal koalisi. Termasuk Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PD Andi Arief.

’’Seperti yang pernah saya bilang, majelis tinggi yang menentukan nasib Ridho. Dan, majelis tinggi sudah seribu persen mengusung Ridho. Tetapi nanti yang mengumumkan parpol koalisi dan calon wakil gubernurnya ya Ridho sendiri,” kata Andi kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group) tadi malam (27/10).

Mantan staf khusus kepresidenan era Presiden SBY ini menjelaskan, Ridho memang mendapatkan tugas untuk mencari parpol koalisi dan menentukan bakal calon wakil gubernur (balonwagub). Meski demikian, DPP PD tidak begitu saja lepas tangan dalam mencari koalisi. Komunikasi antarelite parpol di pusat juga terbangun. ’’(DPP) Demokrat juga mencari koalisi,” ucapnya.

Parpol apa saja yang sudah terjalin komunikasi? ’’PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mudah-mudahan ke kita. PDIP sedang proses. Ya nanti Ridho-lah yang mengumumkan,” ujar politikus asal Lampung ini.

M Ridho Ficardo dan jajarannya di Partai Demokrat kompak tutup mulut terkait parpol pengusung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News