Riko Silalahi Dalangi Pembakaran Mobil Pejabat Lapas Pekanbaru, Motifnya Ternyata

Riko Silalahi Dalangi Pembakaran Mobil Pejabat Lapas Pekanbaru, Motifnya Ternyata
Dirjen Pas Kemenkumham Reynhard (kiri) bersama Kepolisian Polda Riau memegang barang bukti pembakaran mobil dinas Lapas Pekanbaru. ANTARA/Annisa Firdausi

jpnn.com, PEKANBARU - Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Saut Poltak Silitonga menyebut pembakaran mobil pejabat Lapas Kelas IIA Pekanbaru didalangi oleh narapidana bernama Riko Silalahi.

Dia pun memastikan Riko Silalahi bakal dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, di Jawa Tengah.

"Para pemain yang masih terlibat narkoba akan kami kirim ke Nusakambangan. Tentu, Riko Silalahi ini juga akan menyusul karena dia juga pemain di Riau," ucap Reynhard di Mapolda Riau, Selasa (25/1).

Riko selaku dalang pembakaran mobil dinas di Lapas Pekanbaru pada 20 Januari 2022 itu merupakan narapidana kasus narkoba.

Hasil penyidikan menyebutkan Riko dari balik jeruji besi telah merencanakan dan menyuruh tersangka lain membakar mobil pejabat Lapas Pekanbaru tersebut.

Motifnya, Riko sakit hati setelah petugas lapas menyita handphone miliknya saat razia pada Juni 2021.

Reynhard menerangkan kapasitas Lapas di Indonesia hanya mampu menampung 132 ribu narapidana, sedangkan saat ini jumlahnya tercatat 271 ribu warga binaan se-Indonesia.

"Terjadi kelebihan kapasitas," ujar Reynhard.

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Saut Poltak Silitonga menyatakan Riko Silalahi dalangi pembakaran mobil pejabat Lapas Pekanbaru. Ini motifnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News