Rincian Bonus Peraih Medali Asian Games, Pelatih Juga Dapat

Rincian Bonus Peraih Medali Asian Games, Pelatih Juga Dapat
Pesilat Indonesia Komang Harik Adi Putra melawan pesilat Malaysia Mohd Al Jufferi Jamari dalam babak final Kelas E Putra Asian Games 2018, Senin (27/8). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi memastikan bonus yang akan diberikan kepada atlet peraih medali di Asian Games 2018 sudah disiapkan dan akan segera dicairkan pekan depan.

Bonus diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian yang melebihi target yang dicanangkan sejak awal oleh Pemerintah.

Hingga hari ke-12 penyelenggaraan Asian Games 2018, Indonesia berada di peringkat keempat klasemen dengan total raihan 89 medali (30 emas, 22 perak, 37 perunggu).

"Biasanya dalam ajang multieven, seperti SEA Games, bonus dicairkan setelah seluruh rangkaian pertandingan hingga ASEAN Para Games (untuk penyandang disabilitas) selesai, yang kira-kira membutuhkan waktu kira-kira dua hingga tiga bulan. Namun, untuk Asian Games 2018 ini akan kami percepat, sesuai dengan instruksi dari Bapak Presiden Joko Widodo yang ingin bonus ini dicairkan sebelum keringat atlet mengering. Kami pastikan pekan depan bonus atlet peraih medali sudah cair, dan bonus ini diberikan baik bagi atlet maupun pelatih dan asisten pelatihnya,” jelas Menpora Imam Nahrawi.

Menpora menjelaskan pemberian bonus ini, diberikan dengan rincian, sebagai berikut: Peraih Emas perorangan mendapatkan Rp 1, 5 miliar, Peraih Medali Emas untuk Pasangan/Ganda sebesar Rp 1 miliar, dan emas beregu Rp 750 juta per orang.

Peraih perak perorangan mendapatkan Rp 500 juta, perak untuk ganda sebesar Rp 400 juta per orang, dan perak beregu Rp 300 juta per orang.

Untuk peraih perunggu perorangan mendapatkan Rp 250 juta, perunggu ganda Rp 200 juta per orang, dan peraih perunggu beregu sebesar Rp 150 juta per orang.

Pemerintah juga akan memberikan bonus kepada pelatih dan asisten pelatih, dimana para pelatih perorangan/ganda mendapatkan Rp 450 juta untuk emas, Rp 150 juta untuk perak, dan Rp 75 juta untuk perunggu.

Menpora Imam Nahrawi menyebutkan, bonus untuk para peraih medali emas Asian Games 2018 cair pekan depan, asisten pelatih juda dapat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News