Rini Pastikan Evaluasi Direksi Waskita Karya

Rini Pastikan Evaluasi Direksi Waskita Karya
Tiang pancang pada proyek konstruksi pembangunan tol Becakayu yang roboh pada Selasa (20/2) sekitar pukul 03.00 WIB. Foto: HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Terkait ambruknya tiang penyangga girder berupa pierhead di Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) pada Selasa (20/2), Menteri BUMN Rini Soemarno memastikan akan melakukan evaluasi terhadap direksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Meski begitu, evaluasi tetap akan memperhitungkan semua aspek di lapangan yakni kejadian maupun kelalaian yang dilakukan oleh perseroan.

”Tetapi yang paling utama memang salah satu yang saya mereview di Kementerian BUMN bahwa keselamatan ini sangat penting. Jadi, harus ada direktur atau SVP yang bisa bertanggung jawab langsung di pusat mengenai keselamatan,” ujarnya di Kementerian Keuangan, Rabu (21/2).

Sehingga, menurutnya perlu ditambah di direktorat-direktorat untuk bertanggung jawab mengenai keselamatan.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan sanksi kepada Waskita terkait dengan kasus tersebut.

Meskipun Rini masih belum bisa memastikan jenis sanksi yang akan diberikan terhadap BUMN karya tersebut.

“Kalau kita bicara mengenai konstruksi lapangan kan ada komite keamanan dan keamanan konstruksi. Jadi, komite ini dan kami juga memberikan komitmen kepada Menteri PUPR,” terangnya.

Pihaknya juga akan mengambil konsultan independen yang sekarang sudah bekerjasama dengan komite keamanan dan konstruksi untuk melakukan evaluasi.

Evaluasi terhadapa direksi Waskita Karya berkaitan dengan ambruknya tiang penyangga girder berupa pierhead di Tol Becakayu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News