JPNN.com

RIP Fidel Castro, Hasta Siempre Comandante...

Sabtu, 26 November 2016 – 16:11 WIB RIP Fidel Castro, Hasta Siempre Comandante... - JPNN.com

FIDEL Castro, pemimpin revolusioner rakyat Kuba baru saja berpulang di usianya yang ke 90 tahun. Ia sekondan Bung Karno.

Bandara Havana, Kuba, 9 Mei 1960.

Presiden Fidel Castro menyambut Presiden Soekarno. Meriah. Di sepanjang jalan, rakyat Kuba berdiri membawa poster bertulis: Viva President Soekarno.

Si Bung tercatat sebagai kepala negara asing pertama mengunjungi Kuba yang baru saja memulai revolusi setelah menumbangkan rezim Batista setahun sebelumnya.  

Di samping omong-omong roal marhaenisme dan revolusi anti-kapitalisme imperialisme, kedua pemimpin bersenda gurau. Lensa kamera merekam peristiwa-peristiwa itu.

Mereka saling menukar penutup kepala khas masing-masing. Soekarno memakai topi gerilyawan yang biasa dipakai Fidel. Fidel memakai kopiah Soekarno. Fotonya bertebaran di internet. 

"Soekarno menghadiahi Fidel keris," tulis Bambang Widjanarko dalam Sewindu Dekat Bung Karno. Buku ini ditulis Bambang (anggota MPR dari PDI 1993) pada 1988. Tahun itu juga buku naik tiga kali cetak.

Ayah Megawati di Kuba hingga 14 Mei 1960. Lawatan kenegaraannya itu membalas kunjungan Che Guevara, legenda revolusi Kuba yang beberapa bulan sebelumnya datang ke Indonesia.  

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...