Riset Ipsos: Prabowo & Erick Raih Sentimen Positif Tertinggi di Kalangan Muda

Riset Ipsos: Prabowo & Erick Raih Sentimen Positif Tertinggi di Kalangan Muda
Prabowo Subianto bertemu dengan Erick Thohir. Dok: Instagram @erickthohir

jpnn.com, JAKARTA - Pemilu 2024 akan sangat dipengaruhi peran generasi Z dan milenial.

Hal tersebut karena jika merujuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dirilis KPU sebanyak 52 persen berasal dari Gen Z dan milenial.

Artinya lebih dari separuh pemilih ke depan adalah pemilih anak muda.

"Itu sebabnya, Ipsos Indonesia secara berkala merekam percakapan generasi tersebut di sosial media, melalui mesin analitik sosial media, Ipsos Synthesio,” kata peneliti senior Ipsos Indonesia Arif Nurul Imam di Jakarta.

Mesin ini, lanjutnya, bisa membaca percakapan di sosial media, di berbagai platform seperti: Instagram, Twitter, Facebook, dan Tiktok.

Dengan kecanggihan tersebut, pengguna dapat memetakan harapan dan aspirasi publik, termasuk generasi Z dan milenial melalui sosial media.

"Di tengah masifnya kemajuan teknologi, percakapan di sosial media tentu dapat menjadi gambaran untuk mengukur akseptabilitas sosok atau tokoh, apalagi kita tahu Pemilu kedepan sebesar 52 persen merupakan pemilih yang berasal dari generasi Z dan milenial yang sangat lekat dengan media sosial yang akan jadi bandul politik dalam Pemilu 2024,” tukasnya.

Sementara itu, Soeprapto Tan Managing Direktur Ipsos Indonesia menyampaikan bahwa untuk bakal capres yang paling positif diperbincangkan di sosial media adalah Prabowo Subianto, kemudian Ganjar Pranowo dan disusul Anies Baswedan.

Prabowo dan Erick Thohir, keduanya sangat berpotensi untuk dapat meraih suara kelompok gen Z dan millenial pada Pemilu 2024 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News