Risma Menang 4-3 Atas Ahok

Risma Menang 4-3 Atas Ahok
Tri Rismaharini. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bukan sosok tak terkalahkan. Jika dibandingkan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma), Ahok kalah dalam beberapa hal penting.

Hal tersebut merupakan hasil riset Laboratorium Psikologi Politik UI soal kapabilitas sejumlah bakal calon kepala daerah di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dari tujuh hal yang dinilai, Risma mengungguli Ahok dalam empat bidang yaitu governability, leadership, komunikasi politik, dan integritas moral. Sementara Ahok unggul di tiga hal yaitu kemampuan politik, visioner, dan intelektualitas.

Penilitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu focus group discussion (FGD) dan survei opinion leader. 

Tahap pertama adalah FGD. Dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2016 dengan lima orang narasumber yang berasal dari pakar psikologi politik, pakar tata kota dan transparansi, pakar ekonomi, pakar politik, dan jurnalis. FGD ini bertujuan untuk menentukan aspek-aspek penilaian dan nama kandidat yang akan dinilai oleh para pakar di survei opinion leader. 

Nama kandidat dipilih berdasarkan prestasi dan jejak rekam yang baik serta dipilih juga nama-nama yang telah mendeklarasikan diri untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017.

Tahap selanjutnya adalah survei opinion leader. Para pemimpin ini bukan orang yang mudah diakses atau dilakukan penilaian kepribadian secara tatap muka langsung. Maka dilakukan penilaian jarak jauh oleh para pakar, dengan memberikan 25 indikator penilaian yang mengukur dua dimensi (kapabilitas dan karakter persolan), yang terbagi menjadi delapan aspek untuk dinilai. Survei dilakukan melalui proses expert judgement dari pakar yang telah dilakukan pada rentang waktu 13 Juni-28 Juli 2016.

"Kami mewawancarai 215 orang responden, dirandom dari 250 orang yang ada di database Laboratorium Psikologi Politik UI, di antaranya 37 persen gelar doktor dan 29 persen gelar profesor," ujar Ketua Laboratorium Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk, dalam konferensi pers hasil penelitian di Restoran Madame Ching di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8).

JAKARTA - Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bukan sosok tak terkalahkan. Jika dibandingkan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News