Risma Ungguli Puan dan Muhaimin

Risma Ungguli Puan dan Muhaimin
Risma Ungguli Puan dan Muhaimin

jpnn.com - JAKARTA - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang juga kader dari PDI Perjuangan lebih fenomenal dibanding putri dari Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.Pasalnya, wanita yang akrab disapa Risma ini mengungguli jauh perolehan poling suara untuk menduduki kursi menteri Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) yang ada di situs kabinetrakyat dibanding kedua nama tokoh penting pendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla itu.  

Hingga pukul 19.30 semalam (3/8), Tri Rismaharini meraih 986 suara, Muhaimin Iskandar (148), dan Puan Maharani (114). Wanita kelahiran 20 November 1961 ini menjadi salah satu nominasi wali kota terbaik di dunia, 2012 World Mayor Prize, yang digelar oleh The City Mayors Foundation bersama Wali Kota Solo Joko Widodo.

Meski keputusan final dari Pilpres masih ada di tangan Mahkamah Kostitusi (MK), gonjang- ganjing kursi kabinet Jokowi (pemenang Pilpres yang ditetapkan KPU 22 Juli lalu) kian bergulir kencang.

Di situs kabinetrakyat, terdapat 41 posisi (menteri dan sekelasnya) yang menominasikan sejumlah nama elite parpol maupun non parpol. Di sana, pengunjung situs bisa langsung berpartisipasi memberikan dukungan maupun usulan nama baru.

Selain posisi tersebut, terdapat tiga elite politik yang dikenal erat di kubu pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, dinominasikan menjadi Sekretaris Kabinet (Seskab) pemerintahan Jokowi-JK 2014-2019.

Mereka adalah Pramono Anung, Akbar Faisal dan Yuddy Chrisnandi. Sejauh ini, dari situs yang sama di waktu yan sama pula, Pramono lebih difavoritkan. Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu sudah mendapat 166 respon setuju, meninggalkan respon milik Akbar (95) dan Yuddy (54).

Selain itu, anchor Metro TV Najwa Shihab masuk menjadi kandidat kuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Kabinet Rakyat 2014-2019. Anak kedua dari mantan Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII, Quraisy Shihab itu mendapat respon yang lebih banyak dibanding dua nama lain, Nia Dinata (sutradara, produser) dan Yovie Widianto (musisi).

Jika Nia dan Yovie baru menuaii respon dari pengunjung situs di dua digit, maka Najwa sudah mendulang 427 respon setuju. Nia baru 32 sementara Yovie mendapat 18 setuju.

JAKARTA - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang juga kader dari PDI Perjuangan lebih fenomenal dibanding putri dari Megawati Soekarno Putri,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News