Ritonga Resmi Nyatakan Mundur

Ritonga Resmi Nyatakan Mundur
Ritonga Resmi Nyatakan Mundur
JAKARTA- Wakil Jaksa Agung Abdul Hakim Ritonga akhirnya memberikan keterangan resmi tentang pengunduran dirinya."Demi kebaikan untuk institusi, dan saya harap Kejaksaan Agung tetap jaya," kata Ritonga saat memberikan keterangannya kepada wartawan di gedung Bundar, Jakarta, Kamis (5/11). Ritonga tampil lebih santai, dan mencoba mengumbar senyum kepada wartawan. Ia menegaskan, mundur dari jabatannya sebagai wakil Jaksa Agung, bukan sebagai jaksa. Dengan demikian, Ritonga masih akan aktif di sebagai jaksa namun bukan lagi sebagai wakil Jaksa Agung.

Menurut Ritonga, pengunduran dirinya bukan karena paksaan atau desakan dari kalangan internal. Akan tetapi murni keinginannya sendiri demi institusi."Keputusan ini saya buat setelah berkoordinasi dengan keluarga. Setelah dirundingkan dan dipikirkan matang-matang, mengundurkan diri adalah jalan terbaik."

Selain itu, Ritonga juga menyatakan meski dirinya sudah mengundurkan diri sebagai wakil Jaksa Agung, dirinya mengaku siap diperiksa tim TPF kapan saja. Sejauh ini, Ritonga mengaku belum mendapat kepastian kapan TPF akan memeriksa dirinya. "Menurut aturan KUHAP, pemanggilan dilakukan tiga hari sebelumnya. Tetapi, ini kan khusus saya tidak tahu. Tetapi, pada prinsipnya setiap saat saya siap dipanggil," ujarnya.

Ia mengatakan, sudah menyampaikan pengunduran dirinya kepada Jaksa Agung Hendarman Supandji."Awalnya, Pak Jaksa Agung tidak rela, dan sempat meminta saya memikirkan kembali. Tadi pagi, saya ditanya lagi oleh Jaksa Agung niat saya, dan saya jawab  tetap mundur," ujar Ritonga. Kemarin Pagi, Ritonga sudah membawa surat pengunduran dirinya itu. Namun, Jaksa Agung Hendarman tidak ada ditempat, karena mengikuti sidang kabinet di Istana Negara. "Jadi, saya menunggu sampai beliau selesai," tambah Ritonga.

JAKARTA- Wakil Jaksa Agung Abdul Hakim Ritonga akhirnya memberikan keterangan resmi tentang pengunduran dirinya."Demi kebaikan untuk institusi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News