Rizal Ramli Bukan Menteri Lagi, Ini Harapan Pentolan Seknas

Rizal Ramli Bukan Menteri Lagi, Ini Harapan Pentolan Seknas
Sekjen Seknas Jokowi Osmar Tanjung. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN.Com

jpnn.com - Presiden Joko Widodo pada pekan lalu mencopot Rizal Ramli dari posisi menteri koordinator maritim dan sumber daya. Terdepaknya Rizal dari Kabinet Kerja pun memunculkan tanda tanya, bahkan suara miring.

Namun, relawan pendukung Joko Widodo yang tergabung dalam Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi tetap menghormati keputusan presiden mencopot Rizal. Menurut Sekjen Seknas Jokowi, Osmar Tanjung, reshuffle merupakan hak prerogatif presiden.

Tapi yang membuat Osmar kagum justru sikap legowo Rizal ketika terdepak dari kursi menteri. “Saya tetap respek dengan keputusan Presiden Jokowi karena saya pendukungnya. Tapi saya juga respek dengan penerimaan Bung RR (Rizal Ramli, red), bahkan angkat topi karena legowo dan tetap mendukung pemerintahan Jokowi,” ujar Osmar melalui pesan singkat, Senin (1/8).

Meski demikian Osmar juga tak memungkiri bahwa banyak pihak merasa kecewa bahkan tersakiti dengan terdepaknya Rizal Ramli dari kursi menteri. Sebab, Rizal selama ini justru berani pasang badan demi mengawal Nawacita yang disetuskan Presiden Jokowi sehingga terlibat kegaduhan dengan berbagai pihak.

Dalam catatan Osmar, ada enam kegaduhan yang melibatkan Rizal. Yang pertama adalah penolakannya atas rencana Menteri BUMN Rini Soemarno tentang pengadaan pesawat Airbus A350 untuk Garuda Indonesia. Yang kedua terkait masalah dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok yang membuat Rizal terlibat polemik terbuka kontra RJ Lino.

Yang ketiga adalah rencana proyek pembangkit 35 ribu megawatt yang membuat Rizal berpolemik dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Keempat, Rizal lantang menolak perpanjangan kontrak bagi PT Freeport di Papua.

Kelima, Rizal lantang menyuarakan pembangunan kilang onshore untuk memanfaatkan migas Blik Masela. Yang terakhir adalah perseteruan Rizal dengan Gubernur DKI Basuki T Purnama tentan reklamasi Teluk Jakarta.

“Dan kegaduhan itu justru menjadi pembelajaran bagi kita tentang berdemokrasi. Sesuatu yang selama ini tertutup menjadi terang karena Rizal Ramli,” tutur Osmar.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo pada pekan lalu mencopot Rizal Ramli dari posisi menteri koordinator maritim dan sumber daya. Terdepaknya Rizal dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News