Rizal Ramli Wafat, Mahfud: Dunia Intelektual Kehilangan Tokoh Besar

Rizal Ramli Wafat, Mahfud: Dunia Intelektual Kehilangan Tokoh Besar
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, setelah bertakziah ke rumah duka Rizal Ramli di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2024). ANTARA/M Mardiansyah Al Afghani

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa bangsa Indonesia telah kehilangan sosok intelektual besar setelah wafatnya Rizal Ramli.

Mahfud menilai Rizal Ramli merupakan tokoh intelektual besar di tanah air yang memiliki pemikiran, gagasan, serta komitmen yang juga besar terhadap kemajuan bangsa.

"Dunia intelektual juga pejuang masyarakat sangat kehilangan sosok almarhum (Rizal Ramli)," kata Mahfud saat bertakziah ke rumah duka tempat disemayamkannya Rizal Ramli, di Jakarta, Rabu (3/1).

Secara pribadi,  Mahfud menyebut Rizal Ramli sebagai sahabat lama yang selalu bersama dalam merumuskan berbagai ide bagi kebaikan negara, meskipun tidak jarang terjadi perbedaan.

"Pak Rizal Ramli itu sahabat lama saya. Kita sering bepergian baik ke luar negeri maupun di dalam negeri menyebarluaskan kebaikan bangsa, tetapi ada kalanya dalam hal-hal yang sifatnya taktis bisa berbeda," ungkapnya.

Wafatnya mantan menko perekonomian itu pun telah mengejutkannya, karena dalam pertemuan terakhir di September 2023 lalu, almarhum tampak bugar dan sehat. "Terakhir ketemu itu waktu ulang tahun Pak Luhut, September kalau enggak salah. Beliau masih terlihat bugar," katanya.

Ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan eks Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli wafat pada usia 69 tahun, Selasa (2/1) malam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Almarhum Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada Kamis (4/1/2024). (antara/jpnn)

Mahfud MD menegaskan bahwa dunia intelektual juga pejuang masyarakat sangat kehilangan sosok almarhum Rizal Ramli.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News